Sukses

Lifestyle

Bikin Roti dan Donat Anti Gagal Dengan Rahasa Teknik Water Roux

Paling enak menyantap roti yang padat, tapi empuk teksturnya. Namun seringkali kita kesulitan mendapatkan tekstur yang diinginkan karena tidak mengetahui trik di baliknya.

Nah, kamu pun bisa membuat roti yang empuk dan nikmat, seenak buatan bakery ternama hanya dengan satu rahasia, yaitu teknik water roux. Apa itu teknik water roux?

Teknik water roux adalah menambahkan campuran terigu dan air yang dipanaskan. Terigu dan air yang dicampurkan dapat menyatukan adonan roti yang menciptakan rongga-rongga di dalamnya. Hasilnya adalah roti yang empuk dan lembut, tetapi tidak kering.

Bagaimana cara membuat water roux? Gampang banget kok, Ladies. Kamu hanya perlu mencampurkan tepung terigu protein tinggi sebanyak 5 sendok makan, dengan 125 ml air. Campuran ini dipanaskan di dalam panci menggunakan api yang sangat kecil. Water roux tidak boleh dimasak terlalu panas ya. Aduk-aduk hingga adonan sedikit kental, maksimal selama 1 menit.

Sumber: https://www.youtube.com/channel/UCECA8Jct_FI6l2tIBLuK7QA

Setelah selesai, angkat adonan kemudian dinginkan dengan cara tutupi panci menggunakan plastik. Adonan water roux pun bisa digunakan langsung di adonan roti, seperti roti isi, donat, roti sobek atau pun adonan dough pizza.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

(vem/wnd)
PLAYLIST VIDEO 2 AGUSTUS 2021
Loading