Sukses

Lifestyle

Mitos yang Dipercaya Bisa Bikin Wanita Enteng Jodoh, Percaya Nggak?

Perkara jodoh memang selalu menarik untuk dibahas. Masih sama seperti jaman dulu kala, orangtua selalu menganggap jika anaknya sudah menikah, berarti dia sudah menemukan jodohnya. Karena itulah tak heran kalau banyak sekali orangtua yang punya anak perempuan sering was-was jika anaknya itu tak kunjung bertemu jodohnya.

Di tanah Jawa ini banyak sekali mitos soal mendapatkan jodoh. Walau kadang tak masuk akal, namun mitos-mitos ini banyak dipercaya lho. Tapi tak sedikit juga yang menganggapnya sebagai hal seru-seruan tanpa harus dipikirkan manjur atau tidak manjurnya. Nah, apa saja sih mitos yang dianggap bisa bikin wanita enteng jodoh?

Mitos pertama yang sangat dipercaya orang Jawa adalah mencuri bunga pengantin. Tradisi ini beredar di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Biasanya, pengantin pria dan wanita dari daerah ini akan memakai hiasan pernikahan berupa bunga melati. Wanita harus mencuri  sekuntum bunga melati yang ada di keris pengantin pria (pengantin pria tidak boleh tahu, namanya juga mencuri). Nah, mitos ini dianggap bisa membuat wanita yang mencuri bunga itu enteng jodoh.

Mitos selanjutnya yang beredar di Jawa adalah cuci muka dengan air sisa siraman calon pengantin. Tradisi ini masih sering membuat heboh beberapa keluarga yang akan menikahkan anak perempuannya. Biasanya para tamu (ibu-ibu) yang memiliki anak perempuan akan berebut air sisa siraman pengantin wanita. Mitos mengatakan jika ada perempuan yang mencuci wajah dengan air sisa siraman, dia akan segera menyusul sang pengantin wanita ke pelaminan.

Nah, kalau di daerahmu mitos apa sih yang dipercaya bikin enteng jodoh?

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading