Sukses

Lifestyle

Menghilangkan Bau Tanah pada Ikan Lele, Tipsnya Simpel Lho!

Suka dengan olahan ikan lele? Ikan lele memang punya cita rasa khas sendiri. Dagingnya yang lembut dan rasanya yang lezat memang jadi daya tarik tersendiri.

Cuma memang masalahnya kadang hasil olahan lele jadi tidak enak bila bau tanahnya masih melekat. Bau tanah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah habitatnya yang penuh lumpur. Tapi tenang saja, ada beberapa tips sederhana yang bisa dicoba untuk mengatasinya. Berikut penjelasan lebih detailnya.

Bersihkan Lendir Ikan Lele
Kita bisa menggunakan garam atau abu gosok untuk membersihkan lendir ini. Caranya cukup dibalurkan sambil digosok-gosok hingga bersih. Kalau lele sudah bersih dari lendir, nanti saat diolah rasanya bisa lebih gurih.

Sayat Ikan Mengikuti Garis Tulang
Sebelum diolah, coba sayat ikan dari bagian belakang kepala sampai ke ekor dengan mengikuti garis tulangnya. Dengan teknik menyayat yang tepat, nantinya bumbu akan meresap sempurna sehingga bau tanah bisa hilang.

Buang Isi Perut dan Jeroannya
Sumber bau tanah pada ikan lele dan ikan tawar umumnya berasal dari isi perut dan jeroannya. Jadi pastikan semua bagian itu dibuang ya. Habis itu bisa juga kerat-kerat daging lele untuk memaksimalkan proses penyerapan bumbu.

Marinasi dengan Bumbu
Bumbu paling sederhana untuk membumbui ikan lele adalah garam yang dihaluskan dengan bawang putih. Bisa juga dengan garam dan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Rendam lele dengan bumbu tersebut selama sekitar 30 menit untuk menghilangkan bau tanah dan bau amisnya.

Ambil Bagian Dagingnya Saja
Ini cara lain untuk bisa menikmati ikan lele tanpa bau tanah. Jadi ambil bagian dagingnya saja. Cuci bersih dan bisa dibumbui atau ditepungi sesuai selera.

Goreng dengan Minyak Banyak
Teknik penggorengan yang tepat juga penting untuk mendapatkan hasil ikan lele yang sedap dan bebas bau tanah. Goreng ikan lele dengan minyak banyak.

Sekarang, sudah siap dong untuk membuat olahan lele yang sedap? Semoga tipsnya bermanfaat, ladies.




(vem/nda)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Menanam Kemangi agar Tidak Perlu Beli ke Pasar
Artikel Selanjutnya
Tips Membeli dan Menyimpan Ikan Teri Segar agar Awet