Sukses

Lifestyle

Penentuan Tanggal Awal Puasa 2018, Sidang Isbat Digelar Kemenag Selasa Sore

Selasa (15/05/2018) sore nanti akan digelar sidang Isbat oleh Kementerian Agama untuk menentukan awal Ramadan 1439 Hijriyah. Melansir dari laman liputan6.com, sidang Isbat akan dilakukan secara tertutup di Auditorium HM, Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin Ni 6, Jakarta.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar), Juraidi dalam situs kemenag.go.idmenjelaskan bahwa proses sidang akan dimulai pada pukul 16.00. Sidang ini akan diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama mengenai posisi hilal menjelang awal Ramadan 2018.

Sementara untuk proses sidang demi menentukan awal puasa Ramadan 2018, ini dijadwalkan berlangsung seusai shalat Maghrib. Juraidi mengatakan, "Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab, posisi hilal awal Ramadan 1439H akan dimusyawarahkan di sidang Isbat yang kemudian diambil keputusan penentuan kapan awal puasa Ramadan di dimulai."

Petugas melakukan pemantauan hilal di atap gedung Kanwil Kementrian Agama, Jakarta Timur, Jumat (26/5). Pemantauan tersebut untuk menentukan jatuhnya bulan Ramadan 1438H yang nantinya akan di putuskan melalui sidang Isbat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mengenai sidang Isbat penentu kapan awal puasa, ini akan dihadiri oleh Duta Besar dari negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas (Organisasi Masa) Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama juga Tim Hisab serta Rukyat Kementerian Agama.

Sebelumnya, awal Ramadan 2018 diperkirakan akan serentak jatuh pada tanggal 17 Mei 2018. Mengutip dari laman Republika, Muhammadiyah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1439H pada Kamis (17/05) dengan merujuk perhitungan astronomi atau hisab yang berpedoman pada Majelis Tarjih dan Rajdid PP Muhammadiyah. Sedangkan berdasar kalender yang disusun oleh Lajnah Falakiyah PWNU Jawa Timur, awal Ramadan juga jatuh pada tanggal yang sama.

Meski diperkirakan awal puasa Ramadan jatuh di tanggal yang sama yakni 17 Mei 2018, pihak Kemenag sendiri masih akan menetapkan jadwal setelah dilakukan sidang Isbat nanti sore dan diputuskan nanti malam. Selamat menyambut Ramadan dan semoga bulan penuh kemuliaan ini menjadikan kita semakin ikhlas serta tulus beribadah di jalanNya.

(vem/mim)
What's On Fimela
Loading