Sukses

Lifestyle

3 Bahan Pengganti Telur Untuk Baking, Harga Telur Naik Pun Tak Panik

Ladies, sebulan terakhir di bulan Juli 2018 ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan meroketnya harga telur di seluruh Indonesia. Dilansir dari liputan6.com, harga telur rata-rata berada di angka Rp25 ribu hingga Rp26 ribu. Bahkan sempat menyentuh angka Rp30 ribu saat Lebaran. Padahal harga normal telur sebelumnya adalah Rp 22ribu.

Lonjakan harga yang cukup tinggi ini tentu membuat gelisah mereka yang terbiasa mengonsumsi telur. Sebut saja, produsen cake dan kue kering yang menggunakan telur sebagai salah satu bahan utama pembuatannya.

Sebetulnya, tanpa adanya telur pun kamu tetap bisa membuat kue yang nikmat lho. Cara ini juga bisa diterapkan untuk mereka yang alergi telur. Berikut ini tiga pengganti telur untuk membuat kue yang bisa kamu coba di rumah:

Pisang

Gunakan 1/4 cangkir atau 1/2 buah pisang yang telah dihaluskan. Takaran ini dapat menggantikan sebutir telur. Tentunya dengan mencampurkan pisang maka akan berpengaruh pada rasa kue yang kamu buat.

Minyak sayur

Umumnya 1/4 cangkir minyak sayur cukup menggantikan sebutir telur untuk baking. Tetapi jika dalam resep dibutuhkan pengganti lebih dari sebutir telur, sebaiknya tidak perlu menambahkan takaran minyaknya karena malah membuat tekstur cakemu jadi berminyak.

Air + minyak + baking powder

Kocok bersamaan ketiga bahan di atas dengan takaran dua sendok makan air, satu sendok teh minyak dan dua sendok makan baking powder. Takaran ini untuk menggantikan sebutir telur. Cara ini cocok diterapkan dalam pembuatan cookies karena tidak akan mengubah rasanya.

Bahan-bahannya cukup mudah ditemukan dan digunakan dalam masakanmu bukan? Selamat mencoba!

(vem/wnd)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan Sampaikan Kabar Baik, Jakarta 0 Kematian Akibat Covid-19 Selama 24 Jam
Artikel Selanjutnya
Hari ini, 1.509 Sekolah di DKI Jakarta Gelar PTM Terbatas