Sukses

Lifestyle

Begini Cara Jitu Berhenti untuk Overthinking

Setiap orang pastinya selalu memiliki masalah dan selalu berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun, karena setiap orang memiliki pemikiran berbeda, tentunya mereka juga berbeda dalam menyikapinya. Ada yang hanya memendamnya saja, melupakannya, bahkan memikirkannya sampai begitu keras. Berpikir keras memang tidak salah, namun jika hal itu menjadi kebiasaan tentunya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Seseorang yang selalu overthinking tentunya akan selalu baper, emosian, dan tidak mudah percaya dengan orang lain karena hal sepele yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara baik-baik. Untuk kamu yang merasa selalu overthinking dan sudah terbiasa dengan hal itu, ada baiknya lakukan lima hal ini untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

1. Berhentilah sejenak

Langkah pertama untuk bisa berhenti overthinking adalah dengan cara menyadari apa yang sedang terjadi. Ketika kamu merasa tidak yakin, kamu bisa mengetahui langkah apa yang harus lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

2. Lakukan sesuatu yang berbeda

Selalu perhatikan saat kamu mulai merasa overthinking terhadap sesuatu, jika kamu sudah mulai merasa berpikir keras ada baiknya melakukan hobi seperti membaca buku, menonton film, memasak, atau berjalan-jalan untuk merasa tenang.

3. Latihlah dirimu untuk gagal

Jika kamu merasa akan gagal dan khawatir jika memulai suatu hal, cobalah mengubah pemikiran bahwa gagal itu adalah kunci awal untuk menuju kesuksesan. Bukan menjadi perfeksionis, nggak ada salahnya kalau sesekali melakukan kesalahan sebagai pengalaman?

4. Berpikirlah positif

Overthingking adalah tanda bahwa kamu selalu pesimis dan tidak percaya diri. Daripada hanya mengeluh terhadap masalah, lebih baik pikirkan hal positifnya saja.

5. Selalu memandang dalam perspektif berbeda

Ladies, ternyata mudah sekali loh mengubah pikiran negatif menjadi positif. Berpikir positif juga bisa membawa dampak yang besar padamu. Dengan melihat perspektif yang berbeda tentunya kamu bisa menjadi lebih santai dan kreatif menghadapi permasalahan.

6. Selalu bersyukur

Mengeluh memang boleh saja, namun jangan dibiasakan. Memilih untuk lebih bersyukur tentunya bisa membuatmu selalu berpikir positif. Coba deh selalu mencatat apa saja yang bisa membuatmu bersyukur untuk saat ini. Dengan mencatat dan membacanya kembali kamu bisa lebih bersyukur terhadap sekitar.

Yuk mulai jangan biasakan untuk overthinking. Ada baiknya hindari dengan cara menceritakan hal tersebut kepada orang yang dipercaya, karena memendam masalah sendiri itu berat dan hanya membuatmu stres.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading