Sukses

Lifestyle

5 Jenis Sate Khas Indonesia Paling Populer, Favoritmu yang Mana?

Fimela.com, Jakarta Sate adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Kelezatan sate selalu berhasil memanjakan lidah siapa saja yang memakannya. Mengenai sate, makanan khas Indonesia ini sudah ada sejak abad 19. Kini, sate tak hanya terkenal atau populer di tanah air saja tetapi juga di berbagai negara di dunia.

Sate sendiri ada banyak jenisnya. Setiap daerah memiliki sate yang memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas tersebut mulai dari daging yang digunakan, bumbu yang digunakan hingga penyajiannya. Melansir dari berbagai sumber, inilah sedikitnya 5 jenis sate khas Indonesia yang paling populer di tengah masyarakat.

Sate Madura

Di kota mana pun di Indonesia, rasanya kita akan sangat mudah menemukan sate madura. Sate madura merupakan sate khas Madura, Jawa Timur, yang terbuat dari daging ayam dan dibumbui dengan bumbu saus kacang yang ditambah irisan bawang putih, bawang merah, kecap juga sambal atau cabai rawit. Biasanya, sate madura disajikan bersama nasi putih, lontong atau ketupat.

Sate Padang

Sate selanjutnya yang juga populer adalah sate padang. Sesuai namanya, sate padang merupakan sate yang berasal dari kota Padang dan sekitarnya. Ciri utama dari sate padang adalah terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang kemudian dipotong kecil-kecil, direbus bersama bumbu dan selanjutnya dipanggang. Sate padang disantap dengan saus kuah kuning/oranye kental yang terbuat dari tepung beras, kaldu sapi dan bumbu rempah khas Padang.

Sate Lilit

Sate Lilit

Sate lilit juga menjadi salah satu sate yang populer di kalangan masyarakat. Sate lilit adalah makanan khas Bali. Bahan utama untuk membuat sate ini antara lain daging sapi, ikan, babi, kambing dan kura-kura yang dicincang atau dihaluskan. Daging yang sudah dihaluskan kemudian dicampur bersama bumbu khas Bali kemudian dibungkus melilit pada tusukan bambu pipih, batang serai atau batang tebu kemudian dipanggang. Karena kaya akan rempah, rasa sate lilit sangatlah nikmat.

Sate Ponorogo

Sate ponorogo adalah sate yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur. Sate ini memiliki ciri khas rasa yang pas dan menggugah selera. Sate ponorogo terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil kemudian direndam bersama bumbu kecap. Ketika bumbu kecap telah meresap, sate kemudian dibakar hingga matang. Ciri khas sate ponorogo adalah dalam setiap tusukannya hanya ada satu potong daging ayam yang diiris memanjang.

Sate Banjar

Sate banjar adalah sate yang berasal dari kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sate banjar terbuat dari fillet daging ayam bagian paha. Sate banjar biasanya disajikan bersama bumbu pecel dan ketupat.

Itulah beberapa sate khas Indonesia yang paling populer. Selain 5 jenis sate di atas, sate lain yang tak kalah populer antara lain sate buntel khas Surakarta, Jawa Tengah, sate Blora dari kota Blora, sate pusut dan ampet dari Lombok, sate maranggi khas Sunda dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak sate yang ada, mana nih favoritmu Sahabat Fimela?

 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Nasi Gandul khas Jawa tengah
Artikel Selanjutnya
Resep Jenang Gempol khas Jogja

Live Streaming

Powered by