Sukses

Lifestyle

Faktor Ekonomi Penyebab Pedophilia

Ladies, pedofilia merupakan suatu kelainan di mana seseorang mempunyai daya tarik kepada anak-anak yang belum mengalami pubertas atau anak-anak pada usia dibawah umur. Seseorang yang mengidap kelainan ini disebabkan karena mengalami tekanan dalam hidupnya.

Beberapa pedofil tertarik pada anak laki-laki maupun perempuan. Sebagian pedofil ada yang hanya tertarik pada anak-anak, tapi ada pula yang juga tertarik dengan orang dewasa dan anak-anak. Kebanyakan pakar kesehatan mental membatasi definisi kelainan pedofilia sebagai aktivitas seksual dengan anak-anak praremaja, yang umumnya berusia 13 tahun atau lebih muda.

Selain itu, beberapa pedofil akan melakukan masturbasi di depan anak-anak, mencumbu dan membuka baju anak, tapi tanpa melakukan kontak kelamin dengan si Anak. Namun, tak jarang pula pelaku pedofil akan memaksa anak-anak melakukan seks oral atau berhubungan intim.

Beberapa peneliti mengungkapkan yang dijelaskan pada situs health.harvard.edu, seorang pedofil mengalami perkembangan emosional yang tertahan. Mereka tidak pernah dewasa secara psikologis sehingga lebih tertarik terhadap anak-anak. Pedofilia juga dipercaya timbul akibat kebutuhan untuk mendominasi pasangan. Karena anak-anak bertubuh lebih kecil dan biasanya lebih lemah dibandingkan orang dewasa, mereka dapat dianggap sebagai mitra potensial yang tidak mengancam.

Jika dilihat dari segi sosial dijelaskan bahwa pelaku pedofilia kebanyakan berasal dari kalangan sosial ekonomi rendah. Sebagian bahkan tidak memiliki pekerjaan. Ditambah dengan tingkat pendidikan yang umumnya kurang memadai, mereka sulit menemukan cara penyelesaian masalah yang efektif. Akibatnya mereka mudah terkena stres dan menggunakan anak untuk mengatasi rasa tertekan atau ketegangannya akibat stres.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading