Sukses

Lifestyle

Penyebab Masalah Disfungsi Seksual

Berdasarkan penelitian, disfungsi seksual merupakan hal yang umum terjadi, sekitar 43% wanita dan 31% pria mengeluhkan hal ini. Namun sangat disayangkan masih banyak yang belum sadar pentingnya melaporkan masalah seksualnya karena dianggap sesuatu yang tabu, karenanya pula banyak yang belum tahu bahwa disfungsi seksual saat ini sudah banyak yang dapat disembuhkan.

Menurut nhs.uk, disfungsi seksual sendiri mengacu pada masalah setiap fase siklus respon yang terdiri dari empat tahap; gairah, intimasi, orgasme, dan resolusi. Disfungsi sesual penyebabnya bisa dari fisik atau psikologis seseorang.

Penyebab fisik

Fisik yang kurang sehat karena mengidap suatu penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, atau penyakit syaraf dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatas seks. Ketidak seimbangan hormon seseorang dan menopause sangat berpengaruh hasrat melakukan hubungan seks. memaksa diri untuk bekerja terlalu keras juga tidak disarankan untuk kesehatan fungsi seksual Anda. Istirahat dan olah raga yang cukup akan sangat membantu.

Penyebab psikologis

Penyebab psikologis utama berkuranganya kemampuan seseorang unruk melakukan hubungan seks adalah karena stress, baik stress karena pekerjaan, masalah perkawinan,depresi, atau dapat juga karena pernah mengalami trauma seksual sebelumnya. Berbagi masalah dengan pasangan, teman atau saudara akan dapat mengurangi efek sters dalam diri.

Sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter saat Anda merasakan adanya masalah dalam funsi seksual tubuh Anda.

Oleh: Senorita.a

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading