Sukses

Lifestyle

Tips Mengolah Ikan Gurami Lezat (II)

Bagi Ladies yang suka mengolah ikan, gurami bias menjadi salah satu jenis ikan yang dapat Ladies jadikan sajian bagi keluarga tercinta. Melanjutkan artikel sebelumnya, berikut akan diulas beberapa tips mengolah ikan gurai sebagaimana yang dilansir dalam laman resepmasakanhalal.blogspot.com.

-Sebaiknya Ladies menghindari ikan yang ukurannya terlalu besar, berwarna pekat, bentuk tubuhnya tidak umum dan harganya murah sekali. Sebab, ikan sebagaimana yang dijelaskan tersebut menandakan bahwa kualitasnya buruk.

-Pada umumnya memang aroma khas ikan adalah amis. Untuk meminimalkan aroma amis tersebut Ladies dapat menambahkan air jeruk, kunyit dan jahe.

-Sebisa mungkin agar Ladies menggunakan alat memasak yang anti lengket. Hal tersebut untuk meminimalkan ikan lengket pada alat memasak.

-Jika ikan dimasak dengan teknik digoreng, pastikan saat ikan dimasukkan minyak sudah benar-benar panas dan usahakan minyak yang digunakan berjumlah banyak, agar Ladies tidak perlu repot-repot membalik ikan. Jika terpaksa ikan harus dibalik, pastikan permukaan ikan sudah kering saat dibalik agar ikan tidak lengket.

-Ciri-ciri Ikan yang sudah matang biasanya ditandai dengan berkurangnya suara gemuruh dan gelembung yang ada disekitar ikan ketika dimasak.

-Sebelum ikan yang dimasak dengan bumbu perendam (marinade), Sebaiknya Ladies merendam terlebih dahulu ikan gurame tersebut dengan bumbu selama kurang lebih dua jam agar bumbu meresap sempurna.

-Bumbu yang digunakan untuk merendam ikan sebaiknya tidak mengandung gula. Sebab, saat ikan dipanggang gula akan menjadi karamel dan bisa menyebabkan ikan menjadi lengket.

-Bagi Ladies yang sedang dalam program diet dan membatasi konsumsi lemak, sebaiknya mengolah ikan dengan cara di tim atau di kukus.

Selamat mencoba Ladies.


Oleh: Azizah Fadhilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading