Sukses

Lifestyle

Begini Sejarah Lontong Balap yang Jadi Kuliner Khas Surabaya

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mungkin tak akan menemukan makanan bernama Lontong Balap kecuali di Surabaya atau daerah Jawa Timur pada umumnya. Makanan Indonesia yang menjadi kuliner khas kota Surabaya ini memang memiliki keunikan tersendiri.

Lontong balap terbuat dari lontong, taoge rebus, tahu goreng yang dipotong-potong, lentho, dan kuah lontong dengan bumbu sambal petis, dan dilengkapi dengan bawang goreng. Meski menjadi makanan yang wajib dicoba ketika mengunjungi Surabaya, tidak semua orang tahu bagaimana sejarah atau asal mula lontong balap bisa ada hingga sekarang.

Dilansir dari Travel Kompas, seorang pedagang lontong balap bernama Sisno (pemilik warung lontong balap Cak Pri) mengungkapkan bahwa menurut kakeknya yang sudah berjualan lontong balap sejak tahun 1913, dulunya lontong balap dijual di sepanjang Jalan Semarang (kebun binatang). Setiap pagi mereka naik sepeda untuk menjajakan lontong dengan cara kebut-kebutan atau dalam istilah Jawa disebut "balapan". Oleh karena itu, orang menyebutnya lontong balap.

Hampir sama seperti dilansir dari Wikipedia, asal mula lontong balap adalah ketika para penjual lontong berjalan cepat-cepat menuju pos terakhir di Pasar Wonokromo (dekat kebun binatang) dan ketika mereka berebut pembeli. Dari jalan cepat inilah, memberi kesan bahwa antar pedagang berpacu menjual dagangannya dengan cara siapa cepat ia dapat (dalam bahasa Jawa: balapan), dari "balapan" ini kemudian dikenal dengan nama lontong balap.

Saat ini, lontong balap sudah banyak dijual di warung-warung pinggir jalan dan tidak lagi berebut seperti dahulu. Beberapa orang masih berjualan dengan sepeda atau kereta dorong, namun nama lontong balap tetap melegenda sesuai cerita terdahulu dan bahkan menjadi khas dengan rasanya yang berbeda dengan makanan lainnya.

Jadi, jika kebetulan jalan-jalan ke Surabaya dan mencicipi lontong balap, kini sahabat Fimela tahu seperti apa sejarah makanan khas Surabaya ini ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading