Sukses

Lifestyle

Hobi Makan Salmon? Ini Perbedaan Ikan Kembang Biak dengan Liar

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang memiliki hobi atau kesukaan makan ikan setiap hari, kemungkinan besar, kamu juga akan sangat menyukai salmon. Namun, seberapa kenalkah kamu dengan salmon yang dikonsumsi?

Fakta menarik tentang salmon yang pertama adalah bahwa jenis ikan ini ditentukan dari gaya hidup mereka yang unik. Salmon Atlantik adalah jenis yang berasal dari peternakan komersial, tahukah kamu?

Dilansir dari mashed.com, Selasa (19/3/2019), berikut ini adalah beberapa perbedaan penting yang harus kamu ketahui tentang ikan salmon kembang biak dan liar. Penasaran?

1. Nutrisi

Menurut Healthline, ada perbedaan dalam kandungan nutrisi ikan salmon kembang biak dan liar. Hal ini dikarenakan mereka makan hal-hal yang sangat berbeda.

Salmon kembang biak biasanya diberikan makan ikan olahan, sedangkan salmon liar makan invertebrata kecil. Selain itu, salmon kembang biak dan liar juga memiliki kandungan kalori, lemak, kolstrol, dan magnesium yang cenderung berbeda.

2. Lemak dan asam lemak omega 3

Vital Choice menyatakan bahwa kandungan lemak dan omega 3 dalam salmon liar tergantung pada jenis ikannya. Semakin banyak kandungan omega 3-nya, maka semakin banyak juga lemaknya. Salmon yang hidup di lingkungan dingin cenderung memiliki lebih banyak jaringan lemak.

3. Polutan organik

Penemuan di tahun 2013 menyatakan bahwa salmon kembang biak memiliki kandungan polutan lingkungan dan organik yang lebih tinggi dibandingkan salmon liar. Namun, menurut studi terbaru dari Havforsknings Instituttet Norwegia, baik salmon kembang biak, maupun liar memiliki tingkatan polutan yang sama.

 

Warna daging, kandungan merkuri, dan rasa

4. Warna daging

Salmon liar memiliki warna oranye-merah tua secara alami, berasal dari senyawa karoten. Namun, salmon kembang biak tidak memiliki akses yang sama untuk mengubah warnanya, sehingga warnanya cenderung menjadi merah muda.

5. Merkuri

Berita baik bagi pecinta salmon. Sejak tahun 2004, salmon terbukti menjadi salah satu makanan dengan tingkat merkuri paling rendah, aman dikonsumsi oleh semua kalangan.

6. Rasa

Salmon liar memiliki lebih banyak keunggulan dan harganya lebih mahal. Masalah rasa, semua kembali pada selera masing-masing dan tergantung bagaimana daging salmon diolah.

What's On Fimela
Loading