Sukses

Lifestyle

7 Olahan Makanan Lezat dari Beras Bisa Sebagai Pengganti Nasi

Fimela.com, Jakarta Nasi menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Tanpa nasi, rasanya hidup ini terasa hampa. Tidak sedikit orang yang mengaku bahwa ia belum bisa merasa kenyang jika dalam kesehariannya ia belum makan nasi. Apakah Sahabat Fimela termasuk yang seperti ini juga?

Nasi merupakan makanan yang terbuat dari beras. Selain nasi, ternyata beras bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki kreativitas unik untuk mengolah beras ini menjadi berbagai makanan lezat pengganti nasi. Berikut adalah beberapa olahan makanan yang terbuat dari beras dan bisa dijadikan pengganti nasi.

Lontong Hingga Lepet

Lontong

Makanan pertama yang terbuat dari beras adalah lontong. Lontong merupakan makanan yang berkembang pesat di tanah Jawa. Lontong merupakan beras yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dimasak atau dikukus selama beberapa jam. Lontong memiliki tekstur yang lebih padat dari nasi dengan cita rasa dan aroma khas. Lontong biasa disajikan bersama sate, soto dan makanan lain seperti lontong sayur, lontong balap, lontong cap go meh dan sebagainya.

Buras

Olahan dari beras selanjutnya ada buras. Buras merupakan makanan khas Makassar. Buras adalah jenis olahan beras nasi dengan rasa gurih dan aromanya khas. Buras dibuat dengan cara beras dimasak aron bersama santan dan bumbu lainnya kemudian dibungkus dengan daun pisang, diikat dan direbus selama beberapa jam hingga benar-benar matang.

Lepet

Olahan dari beras sebagai pengganti nasi selanjutnya ada lepet. Ini merupakan makanan yang populer di wilayah Jawa dan Sumatera. Lepet terbuat dari beras ketan yang diaron bersama santan kelapa, daun pandan dan garam. Setelah aron setengah matang, ditambahkan kacang tanah dan kelapa parut di dalamnya. Aron yang sudah tercampur kemudian dibungkus dengan daun kelapa muda dan dikukus hingga matang selama beberapa jam.

Ketupat Hingga Nasi Liwet

Ketupat

Olahan dari beras selanjutnya ada ketupat. Ketupat hampir sama dengan lontong yakni beras yang dibungkus daun dan dimasak dalam waktu lama. Ketupat umumnya dibungkus dengan daun kelapa muda atau yang disebut sebagai janur. Ketupat memiliki banyak sebutan antara lain tipat (Bali), topat (Sasak) dan kupat (Sunda).

Lemang

Lemang merupakan makanan khas dari Suku Dayak. Lemang juga bisa ditemukan di beberapa daerah lain seperti Batak dengan sebutan Lomang dan di Minangkabau dengan sebutan Lamang. Lemang merupakan olahan makanan yang terbuat dari beras ketan. Beras ketan dimasak dengan santan kelapa dan beberapa bumbu khusus kemudian dimasukkan ke dalam bambu lalu dibakar di atas bara api selama beberapa jam hingga matang.

Nasi Liwet

Olahan dari beras selanjutnya ada nasi liwet. Nasi liwet merupakan nasi yang dimasak dengan air cukup banyak hingga matang dan tekturnya sangat empuk. Nasi liwet mirip dengan bubur tapi lebih kental. Nasi liwet biasanya disajikan bersama ikan goreng, sambal goreng kentang ati, ayam suwir, sambal dan masakan bercita rasa gurih pedas lainnya.

Itulah beberapa olahan makanan yang terbuat dari beras. Selain olahan di atas, ada olahan lain yang juga terbuat dari beras antaranya bakcang, pali-pali, pesor dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading