Sukses

Lifestyle

Belanja Online Subuh Jadi Kebiasaan Baru di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan Ramadan tentu masyarakat akan mengalami perubahan dalam melakukan kebiasaannya. Salah satunya adalah waktu beraktivitas yang dimulai lebih awal ketika hendak sahur.

Bukan hanya sekedar menyiapkan makanan dan kemudian bersantap sahur, melainkan juga belanja online ikut menjadi kebiasaan yang dilakukan lebih dini. Di mana berdasarkan data dari Shopee Indonesia terjadi peningkatan belanja online di pagi hari pada pukul 03.00-05.00.

Peningkatan traffic ini terjadi sebanyak tiga kali dibandingka dengan hari biasanya. Menurut Rezki Yanuar selaku Country Brand Manager Shopee, Ramadan menjadi bulan yang istimewa bagi bisnis e-commerce.

"Bagi e-commerce bisnis, bulan yang istimewa adalah Ramadan. Transaksi di e-commerce akan naik. Di akhir tahun juga ada, Harbolnas. Namun Harbolnas itu hanya satu hari. Namun kalau di Ramadan, lebih lama. Dan setiap orang punya cara masing-masing untuk menghabiskan uang," ujar Rezky Yanuar.

 

Dipengaruhi THR

Perubahan perilaku belanja online di pagi hari selama Ramadan, berhubungan dengan peningkatan transaksi hingga tiga kali lipat di awal bulan Ramadan. Diprediksi transaksi akan terus meningkat setelah penerimaan THR.

Ketika seseorang menerima THR, biasanya sudah memiliki rencana tentang bagaimana menggunakan THR tersebut. bisa dengan jumlah barang yang lebih banyak maupun dengan membeli barang yang sedikit lebih mahal.

Lebih lanjut, Nailul Huda selaku Peneliti Center of Innovation and Digital Economy INDEF menjelaskan bahwa penerimaan THR menjadi salah satu faktor peningkatan transaksi di bulan Ramadan. Di mana THR itu sendiri akan meningkatkan pendapatan seseorang untuk dibelanjakan. Sehingga animo masyarakat untuk berbelanja online semakin meningkat.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading