Sukses

Lifestyle

Berapa Banyak Air yang Harus Diminum Saat Hamil? Ini Kata Ahlinya

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin telah sering mendengar alasan pentingnya minum air yang cukup dalam sehari. Aturan yang populer untuk menjaga tubuh terhidrasi adalah minum delapan gelas air dalam satu hari.

Pertanyaan yang sering muncul kemudian adalah bagaimana dengan perempuan yang sedang hamil? Berapa banyak air yang harus diminum dalam sehari?

Dilansir dari purewow.com, aturan yang sama masih berlaku untuk perempuan yang sedang hamil, yaitu minum enam sampai delapan gelas air dalam sehari. Untuk menjawab perbedaan jenis tubuh, ukuran, dan jenis aktivitas, para ahli menyarankan minum sekitar 10 cangkir air setiap hari, seperti dilansir dari purewow.com, Rabu (3/7/2019).

 

Ini jumlah air yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil

Ingatlah bahwa jenis cairan yang lain juga dihitung, seperti jus buah atau susu. Selain itu, sebaiknya hindari minuman berkafein, tidak hanya kopi, namun juga teh, soda, dan cokelat panas.

Untuk mengetahui apakah tubuhmu sudah memiliki cukup cairan adalah dengan memperhatikan rasa haus yang muncul, warna urin, seringnya buang air kecil, kondisi mulit dan mata, pusing, sembelit, perubahan suasana hati, dan memori. Dengan minum cukup air dalam sehari, tubuh dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik, membuang racun, dan mengangkut vitamin, mineral, dan hormon ke sel-sel darah.

Selama masa hamil, kamu juga membutuhkan air untuk membuat cairan ketuban, meningkatkan volume darah, membangun jaringan baru, mengurangi kebengkakan pada kaki, mengurangi risiko infeksi saluran kemih, persalinan prematur, dan meringankan sembelit. Memastikan asupan air yang cukup juga terbilang mudah, tambahkan buah- buahan dan sayuran, serta makanan semi cair seperti yogurt dan smoothie kedalam konsumsi sehari-hari.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading