Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Kopimu Jadi Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Jus dan minuman herbal memang menjadi ikon besar dalam gaya hidup sehat masa kini. Termasuk teh dan minuman produk olahan susu. Tapi, bagaimana dengan kopi yang memiliki begitu banyak penggemar di seluruh dunia? 

Dilansir dari Women's Health Magazine, kopi ternyata telah dinyatakan sebagai minuman gaya hidup yang tidak menyehatkan. Selain karena bisa meningkatkan asam lambung bagi beberapa orang, tambahan gula pada kopi sachet dan kopi blended memang bisa menimbulkan berbagai efek samping, seperti naiknya berat badan, diabetes, dan lain sebagainya. 

Meskipun begitu, kopi tetap memiliki manfaat untuk kesehatan. Women's Health Magazine menulis, selama satu dekade, berbagai studi dilakukan secara konsisten dan menunjukkan adanya manfaatnya dari mengonsumsi kopi. Termasuk meningkatkan mortalitas, memperbaiki kerja liver, dan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan otak. 

Namun, tentu saja creamer dengan perasa, gula, whipped cream, serta tambahan lainnya yang membuat kopi jauh lebih enak bagi penikmatnya, membuat kopi menjadi tidak sehat. Lantas, bagaimana caranya membuat kopi menjadi lebih sehat? 

Tanpa Gula

Hindari penggunaan gula, meskipun itu gula khusus penderita diabetes yang lebih aman, pada saat meminum kopi. Gula merupakan penyebab utama kenapa berat badan naik meski sudah diet, namun tetap mengonsumsi kopi setiap hari. 

Penambah Rasa Bebas Gula

Lantas, bagaimana caranya menambah perasa di dalam kopi tanpa gula? Kamu bisa menambahkan penambah rasa yang sama sekali tidak mengandung pemanis buatan atau juga gula alami. Atau, bisa juga kamu menambahkan vanilla extract asli, kayu manis, dan juga madu. 

Susu Rendah Lemak

Tetap ingin menambahkan susu ke dalam kopimu? Kamu bisa memilih susu rendah lemak yang tersedia di hampir seluruh super market. Harganya pun tidak begitu mahal, kok. 

Selain susu yang berasal dari sapi atau kambing, kamu juga bisa mencoba susu nabati. Seperti nut milk, dan soy milk. 

 

Minum Sebelum Olahraga

Cara terakhir adalah dengan meminumnya sebelum olahraga. Kafein yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan tenaga dan semangat untuk berolahraga. Malah, kopi dan olahraga jika disandingkan juga bisa meningkatkan metabolisme.

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading