Sukses

Lifestyle

5 Tips Detoks Pikiran untuk Meredakan Stres

ringkasan

  • Ambil Jeda
  • Terima Semua Perasaan Negatif yang Ada
  • Gerakkan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kesibukan dan rutinitas yang padat bisa membuat kita begitu tertekan. Rasanya sulit untuk berpikir jernih karena otak kita terasa sangat sesak akan berbagai hal yang campur aduk. Bila hal ini terjadi, maka kita perlu untuk melakukan detoks pikiran.

Bukan hanya tubuh kita yang perlu didetoks untuk mengeluarkan racun-racun yang ada, pikiran kita juga butuh detoks supaya stres bisa reda. Pikiran bisa kembali jernih dan hati lebih tenang. Berikut tips-tips yang bisa dicoba.

1. Ambil Jeda

Dilansir dari mindbodygreen.com, mengambil jeda dan berusaha melemaskan otot-otot tubuh dapat menjadi langkah pertama untuk detoks pikiran. Caranya? Bisa dimulai dengan duduk di kursi nyaman dengan meletakkan kedua telapak tangan di paha. Tutup mata lalu "pindai" tubuh dengan bernapas perlahan. Nikmati setiap helaan napas dan biarkan tubuh "mengalir" sesuai dengan helaan napas kita.

2. Terima Semua Perasaan Negatif yang Ada

Bagian dari respons otak alami manusia adalah merasa cemas dan stres. Ini adalah cara adaptif otak untuk memberi tahu kita bahwa ada sesuatu yang harus kita perhatikan. Ketika kita mulai bisa menerima perasaan negatif yang ada, kita secara tidak langsung menciptakan lebih banyak ruang dalam diri kita. Kita "berteman" dengan diri kita sendiri. Hal ini akan membuat kita merasa lebih stabil dan tenang. Karena terkadang terlalu keras pada diri sendiri hanya akan makin melukai diri kita.

 

 

3. Menciptakan Hubungan Emosi yang Nyata

Ada seseorang yang sangat kamu percaya dan bisa menyediakan waktunya untuk mendengar semua keluh kesahmu? Cobalah untuk curhat dan utarakan perasaanmu. Dari sini akan terbentuk ikatan atau hubungan emosi yang nyata. Dari situ kemudian kita akan terbantu untuk menstabilkan emosi dan perasaan kita.

4. Bersihkan Lingkungan di Sekitar Kita

Membersihkan pikiran tak melulu soal perkara batin. Kita bisa membersihkan pikiran dengan membersihkan lingkungan di sekitar kita. Misalnya, sesimpel kita membersihkan meja kerja atau merapikan kamar tidur. Perubahan yang bisa tampak secara kasat mata di sekitar kita akan memberi kenyamanan tersendiri pada diri kita saat melihatnya.

5. Gerakkan Tubuh

Tubuh kita bisa merasakan langsung tekanan dan kesulitan emosi yang sedang kita rasakan. Apa yang kita lakukan terhadap tubuh kita bisa memberi pengaruh langsung pada pikiran kita. Setidaknya dari gerakan yang kita lakukan pada tubuh, kita mendapat akses untuk menstabilkan pikiran dengan lebih mudah. Seperti melakukan peregangan otot sebelum rapat, maka tubuh kita akan terasa lebih jernih dan rileks.

Semoga apa pun stres dan beban yang kamu rasakan saat ini bisa teratasi dengan baik, ya. Kita semua berproses untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran sebaik mungkin. Dan itu bisa dimulai dari hal yang paling mudah untuk kita lakukan sekarang.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading