Sukses

Lifestyle

Memangkas Setengah Pengeluaran dengan Memasak Sendiri di Rumah

Fimela.com, Jakarta Pengeluaran bisa menjadi satu tantangan tersendiri ketika kamu sedang berusaha mengatur keuangan. Bagi banyak orang yang tidak terbiasa merinci keuangan mereka, pengeluaran bisa datang dari hal-hal yang tidak terduga.

Salah satunya adalah kebiasaan makan di luar. Kamu mungkin tidak menyadarinya, tapi kebiasaan makan di luar membutuhkan biaya yang jauh lebih besar, daripada memasak makanan sendiri di rumah.

Walaupun tidak sepenuhnya menghemat keuanganmu, memasak sendiri di rumah bisa sangat membantumu. Dilansir dari huffpost.com, Rabu (16/10/2019), berikut ini adakah beberapa cara memangkas setengah pengeluaran dengan memasak sendiri di rumah.

1. Rencanakan menu mingguan dengan bahan- bahan yang sudah ada

Cobalah lihat apa saja bahan-bahan yang kamu miliki di kulkas dan rencanakan menu mingguan dari semua bahan tersebut. Jika ada menu tertentu yang kamu tidak memiliki bahannya, gunakan saja bahan yang ada, daripada membeli bahan yang hanya sekali pakai.

2. Mengatur dapur

Mengatur dapur adalah cara efektif untuk menghemat pengeluaran dan mengurangi pemborosan. Buang semua barang yang sudah kadaluwarsa dan berikan pada orang lain apa yang tidak kamu gunakan.

Aturlah tampilan dapur untuk memudahkan akses dan visibilitas. Kamu bisa menempatkan berbagai bahan dapur di dalam sebuah wadah bening.

 

3. Jangan membeli makanan berdasarkan keinginan

Jangan melakukan pengeluaran hanya untuk membeli barang-barang sekali pakai. Kenapa kamu tidak memulai dengan apa yang ada di rumah?

4. Lakukan

Jangan takut melakukan kesalahan, lakukan saja. Kamu mungkin tidak akan sempurna di awal, namun seiring berjalannya waktu, kamu akan menjadi lebih baik. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading