Sukses

Lifestyle

5 Tips Memberi Kesan Pertama yang Baik di Tempat Kerja

Fimela.com, Jakarta Kesan pertama yang bagus di tempat kerja sangat penting untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja. Bahkan rasa nyaman bisa dibentuk sejak hari pertama kita kerja. Sebagai "anak baru" di tempat kerja, kita perlu memancarkan sinar kita sendiri.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menciptakan kesan pertama yang bagus di tempat kerja. Berikut lima cara mudah yang bisa dicoba untuk membangun kesan pertama positif di lingkungan kerja yang baru.

1. Selalu Datang Tepat Waktu

Pokoknya jangan sampai terlambat sedetik pun. Kalau bisa selalu datang lebih awal dari rekan kerja senior lainnya. Ketepatan waktu ini menjadi tolok ukur terpenting dalam membangun kesan pertama di tempat kerja.

2. Memakai Baju Sesuai dengan Aturan

Tiap perusahaan punya aturan tersendiri terkait baju yang dikenakan para pegawainya. Ada yang mengharuskan baju formal. Ada juga yang membolehkan mengenakan baju kasual dan senyaman mungkin. Sesuaikan saja penampilan kita dengan aturan perusahaan.

 

3. Perbanyak Senyum dan Sapa

Kita mungkin belum mengenal semua rekan kerja kita. Ada baiknya kita memperbanyak senyum dan sapa kepada semua orang yang kita temui di tempat kerja. Setidaknya dengan bersikap ramah kita bisa lebih mudah diterima dalam lingkaran dan lingkungan pekerjaan. Memudahkan kita untuk bergaul dengan rekan-rekan kerja yang baru.

4. Bersikap Proaktif

Bukan cari muka, tapi bersikap lebih proaktif dalam bekerja. Sebagai anak baru, tentu ada banyak hal baru yang harus kita lakukan. Sebaiknya kita bisa lebih aktif dalam menyelesaikan dan menuntaskan pekerjaan yang ada. Lakukan setiap tugas dengan sebaik-baiknya sebagai bukti bahwa kita bisa diandalkan di kantor baru tersebut.

5. Lakukan Riset tentang Perusahaan dan Lingkungan Barumu

Kenali perusahaan dan lingkungan kerja barumu sebaik mungkin. Bila perlu, cek semua media sosial yang dimiliki perusahaanmu untuk mengenal lebih jauh tentang lingkungan kerjamu. Bila memungkinkan, cari tahu informasi dasar dari rekan-rekan kerjamu agar ketika mengobrol atau berdiskusi bisa lebih mudah nyambung dengan topik obrolannya.

Semoga sukses di tempat kerja barumu, ya. Bekerja dengan baik dan optimal, maksimalkan potensimu, dan raih keberhasilan yang kamu inginkan.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading