Sukses

Lifestyle

Bau Mulut Parah dan Banyak Gigi Berlubang, Bisa Jadi Tanda Diabetes

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mengalami masalah bau mulut dan gigi berlubang, namun pasti tak banyak orang yang mengira bahwa dua masalah ini bisa jadi tanda diabetes. Mungkin orang hanya akan berpikir bahwa gigi berlubang dan bau mulut adalah efek jarang sikat gigi, namun ternyata ini bisa jadi tanda kesehatan yang lebih serius.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Dental Association menemukan bahwa ketika kadar gula darah tinggi, orang cenderung rentan mengalami masalah gusi, bau mulut hingga gigi berlubang, dan seringnya orang mengalami masalah mulut ini merupakan tanda diabetes.

Ketika kadar gula darah tinggi, orang cenderung mengalami mulut kering dengan jumlah air liur sedikit. Padahal air liur dibutuhkan mulut untuk menjaga pH mulut dan membilas gigi dengan flouride alaminya sebagai bentuk perlindungan terhadap permukaan gigi. Ketika lingkungan rongga mulut kering dan asam, risiko gigi berlubang semakin besar.

Punya Banyak Masalah Gigi dan Mulut = Tanda Diabetes

Orang-orang yang mengalami diabetes juga rentan mengalami sariawan karena rongga mulut lebih mudah mengembangkan Candida albicans, bakteri penyebab infeksi jamur pada rongga mulut.

Gigi berlubang bisa jadi tanda tubuhmu sedang kesulitan memproses glukosa, dan ketika ini terjadi, gula yang bercampur dengan ludah di dalam mulut akan meningkatakan aktivitas bakteri di dalam mulut yang dapat merusak gigi dan menjadikan gigi berlubang.

Jadi, jika merasa sering mengalami masalah gigi dan mulut, ke dokter gigi saja tidak cukup Sahabat Fimela. Tidak ada salahnya memeriksakan kadar gula darah dan kemungkinan diabetes.

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi Novo Nordisk, Kemenkes, dan Kedutaan Besar Denmark Memperluas Pengobatan Diabetes di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Peringati Hari Diabetes Sedunia, Cut Memey Mengajak Masyarakat untuk Cegah Diabetes dengan Berolahraga