Sukses

Lifestyle

3 Langkah Mengolah Usus agar Lebih Sedap dan Tidak Amis

Fimela.com, Jakarta Usus ayam bisa diolah jadi aneka hidangan yang enak. Bisa ditumis dan yang paling umum dimask menjadi sate. Agar hasilnya sedap dan tidak bau amis, proses perebusan usus perlu kita perhatikan dengan baik.

Setelah dicuci bersih, usus bisa langsung direbus. Namun, perlu diperhatikan bahwa ada bahan-bahan yang perlu kita tambahkan agar hasilnya tidak amis dan bisa lebih sedap ketika dibumbui. Selengkapnya, langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Lumuri dengan Air Perasan Jeruk Nipis

Usus dilumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu, cuci bersih sampai aroma amisnya berkurang. Proses pencucian ini bisa berkali-kali demi memastikan usus bebas dari kotoran.

 

2. Rebus dengan Daun Salam, Lengkuas, dan Jahe

Siapkan panci berisi air. Masukkan usus, lalu tambahkan daun salam, lengkuas, dan jahe. Lengkus dan jahe bisa digeprek terlebih dahulu agar aromanya hilang. Proses perebusan ini bisa membantu menghilangkan aroma amis usus sebelum dibumbui.

3. Diungkep dengan Bumbu dan Air Kelapa

Usus yang sudah direbus bisa diungkep dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kaldu bubuk, daun salam, lengkuas, dan air. Tambahkan air kelapa agar rasanya lebih sedap. Ungkep sampai airnya menyusut. Setelah itu, usus bisa digoreng atau diolah jadi sate usus.

Semoga infonya bermanfaat, ya. Tetap semangat memasak dan menyajikan hidangan lezat untuk orang-orang tercinta.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading