Sukses

Lifestyle

Kehabisan Terasi, 7 Bumbu Penyedap Ini Bisa Gantikan Terasi

Fimela.com, Jakarta Ada banyak bumbu penydar makanan yang kita kenal, mulai dari garam, bawang putih hingga MSG. Semua itu digunakan untuk memberi cita rasa lebih kaya pada makanan. Salah satu bumbu penyedap alami yang juga khas Indonesia dan digunakan dalam banyak olahan makanan adalah terasi.

Jika kebetulan sedang kehabisan terasi di rumah, ternyata ada sekian bumbu dapur lain yang bisa menggantikan terasi.

1. Saus tiram

Jika suka menggunakan terasi untuk olahan tumisan atau seafood, saus tiram juga bisa menjadi pengganti terasi dalam olahan sayur tumis karena terbuat dari tiram. Cukup tambahkan satu sendok makan sudah memberi citarasa sedap dan gurih.

2. Kecap inggris

Kecap inggris terbuat dari ikan teri sehingga memiliki kesedapan yang hampir mirip terasi. Hampir sama dengan saus tiram, kecap inggris dapat menggantikan terasi dalam olahan tumis dengan rasa yang tidak sekuat saus tiram.

3. Kecap ikan

Seperti namanya, kecap ikan terbuat dari ikan sehingga memiliki rasa sedap dan gurih yang khas. Kecap ikan bahkan bisa digunakan untuk menggantikan terasi dalam olahan sambal, cukup tuang 1 sdt, karena sudah asin, jangan terlalu banyak menambahkan garam.

4. Teri

Teri memang tidak sesedap terasi namun bisa menambah gurih pada olahan tumisan sayur, seafood maupun masakan berkuah. Cukup masukkan beberapa teri yang sudah dibuang perutnya, goreng sebentar dan masukkan ke dalam masakan.

5. Ikan asin

Ikan asin bisa digunakan menggantikan terasi dalam olahan sambal. Cukup goreng ikan asin secukupnya, buang durinya dan ulek halus dengan bahan sambal.

6. Ebi

Ebi adalah udang kecil yang juga punya kesedapan alami mengganti terasi dalam olahan tumis, sambal bahkan rujak. Cuku goreng dan haluskan, kemudian masukkan ke dalam masakan.

7. Rebon

Udang yang lebih kecil ini adalah bahan baku terasi, jelas bisa menggantikan terasi jika ingin membuat sambal terasi. Cukup digoreng dan haluskan bersama sambal.

8. Kaldu bubuk

Tak ada terasi, pengganti paling mudah adalah kaldu bubuk, baik sapi maupu ayam. Bisa digunakan untuk hampir semua jenis masakan.

Jadi, jika kebetulan tak begitu menyukai aroma terasi yang menyengat atau mungkin sedang kehabisan stok terasi, bisa menggunakan sekian bumbu dapour di atas untuk menggantikannya ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading