Sukses

Lifestyle

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem, Ini 6 Hal yang Harus Dilakukan

Fimela.com, Jakarta Sejumlah titik di wilayah Jabodetabek, Provinsi Banten, dan Provinsi Barat diprediksi akan mengalami bencana hidrometeorologi awal tahun 2020. Bencana ini merupakan hujan deras disertai angin kencang.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan potensi hujan ekstrem tahun 2020 pada tanggal 8-12 Januari, akhir Januari, serta awal dan pertengahan Februari 2020. Cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek akan jatuh bersamaan dengan pasang purnama sekitar tanggal 11-15 Januari 2019 yang berpotensi terhadap luasan genangan banjir Jabodetabek.

Untuk mencegah meluasnya dampak kejadian yang ditimbulkan akibat kejadian yang disebabkan oleh hujan ekstrem, BNPB pun memberikan tips hal-hal apa saja yang harus dilakukan .

Hal yang Harus Dilakukan saat Hujan Esktrem

1. Pantau informasi melalui radio, siaran televisi, internet, atau cek langsung informasi cuaca ke bmkg.go.id dan tinggi muka air di poskobanjirjakarta.go.id/

2. Masukan barang-barang penting dalam Tas Siaga. Informasi rekomendasi isi bisa dilihat di bit.ly/siagabencanabnpn.

3. Letakan barang berharga di bagian yang lebih tinggi dalam rumah. Cek peralata listrik.

4. Jangan mengemudi mobil atau motor di wilayah banjir.

5. Cara agar tetap aman kita harus mengungsi: Ikuti saran dari pemerintah sentempat dan para relawan jika harus mengungsi. Selalu gunakan alas kaki, jaga kebersihan tubh dengan rajin mencuci tangan.

6. Dalam keadaan darurat segara hubungi

Ambulans (118 atau 119)

Pemadam kebakaran (113)

Polisi (110)

Basarnas (129)

PLN (123)

Bantuan khusus banjir (021 3459444)

Kontak BPBD sei Indonesia bisa dilihat di bnpb.go.id/bpbd-provinsi

#Growfearless with Fimela

What's On Fimela
Loading