Sukses

Lifestyle

5 Cara Mencegah Spider Veins

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar istilah spider veins? Sebagian dari kita mungkin lebih familier menyebutnya dengan istilah varises. Spider veins merupakan salah satu jenis varises yang terjadi akibat adanya pelebaran atau pembengkakan pada pembuluh vena, tapi terjadi pada pembuluh vena yang berukuran kecil dekat dengan permukana kulit kita.

Spider veins bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh kita, tapi umumnya lebih banyak ditemukan di sekir kaki dan wajah. Melansir doctoroz.com dalam artikel 5 Ways to Prevent Spider Veins, spider veins tidak berbahaya tapi bisa mengganggu penampilan. Penyebab spider veins bisa karena perubahan hormon, obesitas, dan jarang bergerak. Ada lima tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah spider veins. Berikut rangkumannya.

1. Kenakan Tabir Surya

Tabir surya dapat membantu melindungi kita dari kanker kulit dan penuaan kulit dini seperti keriput dan bercak-bercak hitam pada kulit. Selain itu, mengoleskan tabir surya khususnya pada wajah dapat membantu mencegah terjadinya spider veins. Saat akan beraktivitas di luar ruangan, oleskan juga tabir surya pada kaki untuk mencegah spider veins.

2. Jangan Menyilangkan Kaki

Duduk dengan menyilangkan kaki terlalu lama dapat menghambat aliran darah pada kaki. Hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah. Selain itu, dapat menyebabkan melemahnya katup dan dinding pembuluh darah dan menyebabkan varises atau spider veins.

3. Gerakkan Tubuh

Jangan terlalu lama duduk atau berdiri. Selalu gerakkan tubuh setiap beberapa menit sekali. Jika berdiri lama, ganti tumpuan kaki setiap beberapa menit sekali untuk melancarkan aliran darah. Saat duduk, tiap 30 menit sekali cobalah untuk berdiri atau berjalan-jalan sejenak. Bergerak dan berolahraga dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi risiko terkena spider veins.

4. Tinggikan Posisi Kaki

Saat sedang beristirahat, tinggikan posisi kakimu. Sandarkan kaki ke dinding agar aliran darah bisa kembali mengalir ke jantung. Tekanan pada pembuluh vena bisa berkurang sehingga kondisinya bisa tetap terjaga dengan baik.

5. Kenakan Alas Kaki yang Nyaman

Sebaiknya jangan terlalu sering mengenakan sepatu berhak tinggi (high heels). Pilih alas kaki nyaman yang dapat memperlancar aliran darah. Mengenakan compression stocking juga bisa dilakukan untuk membantu aliran darah kembali mengalir jantung dan mencegah pembengkakan pembuluh vena.

Itu tadi beberapa tips mudah dan cara mencegah spider veins yang bisa dilakukan. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading