Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar tanpa Air Soda

Fimela.com, Jakarta Air soda sering digunakan dalam bahan pembuatan bolu kukus. Hal ini karena kandungan karbondioksida pada air soda diyakini bisa membantu proses adonan untuk mengembang. Sehingga, hasilnya bisa lebih mekar.

Bagi yang ingin membuat bolu kukus tapi tak punya bahan air soda, tak perlu khawatir. Kita tetap bisa membuat bolu kukus mekar meski tanpa air soda. Bahkan hasil bolu kukusnya pun tidak amis. Simak cara pembuatannya di sini.

1. Gunakan Mixer dengan Kecepatan Tinggi

Siapkan dulu bahan-bahannya, seperti resep berikut ini:

  • 120 gram tepung terigu
  • 90 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml susu cair
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdt essens frambozen
  • 1 sdt emulsifier

Semua bahan kecuali emulsifier dicampur lalu dikocok menggunakan mixer berkecepatan tinggi. Kocok selama kurang lebih 5 menit. Baru setelah itu masukkan emulsifier, kemudian dikocok kembali dengan mixer sampai mengembang, berwarna putih, dan kaku berjejak.

2. Beri Pewarna Makanan Bila Suka

Kita bisa membagi adonan jadi beberapa bagian sesuai selera dengan pewarna makanan yang kita inginkan. Setelah itu tuang ke dalam cetakan.

3. Lapisi Tutup Kukusan dengan Kain

Panaskan kukusan. Lapisi tutup kukusan dengan kain atau lap bersih. Tujuan melapisi tutup kukusan dengan kain atau lap bersih adalah agari uap air tidak menetes ke bolu.

4. Jangan Buka Tutup

Kukus adonan dalam kukusan yang sudah panas dan beruap. Kukus selama kurang lebih 20 menit. Usahakan tutup kukusan tidak dibuka kukus supaya adonannya bisa mengembang sempurna.

Tidak terlalu sulit kan membuatnya? Semoga infonya bermanfaat dan membuatmu semangat membuat bolu kukus favoritmu di rumah.

#ChangeMaker

Loading