Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Sayuran Agar Rasanya Enak

Fimela.com, Jakarta Semua orang tahu bahwa mengonsumsi sayuran dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun sebagian orang mungkin tidak terlalu menyukai sayuran. Ada begitu banyak cara untuk memasak sayuran dan membuatnya dengan cita rasa yang kita sukai dengan tanpa mengurangi nutrisi di dalam sayuran. Berikut ini beberapa tips menarik cara memasak sayuran agar lezat rasanya.

Menambhakan Bumbu dan Rasa

Bahan makanan apa pun yang dimasak, pastinya akan memanfaatkan setiap kesempatan untuk menambahkan rasa. Mulai dengan aroma seperti bawang merah, bawang putih atau bawang bombai. Panaskan minyak sedikit pada wajan dan tumis bawang merah dan bawang putih yang diiris tipis, tumis hingga berwarna kecoklatan dan mengeluarkan aroma. Tambahkan sejumput paprika merah atau cabai cincang halus. Parut jahe segar untuk cita rasa Asia. Saat menambahkan sayuran, aduk hingga semua bahan tercampur. Setelah menambahkan sayuran, saatnya untuk menambahkan lebih banyak bumbu untuk meningkatkan rasa dari sayuran. Sahabat Fimela dapat menambahkan garam dan merica atau dengan menambahkan rempah-rempah lainnya.

Jika saat memasak sayuran terasa pahit, bisa dengan menambahkan sedikit madu atau gula untuk mempermanisnya. Tambahkan sedikit cuka atau perasan jus lemon untuk sedikit rasa asam. Untuk menambah rasa asin, selain dengan garam dapat juga menggunakan kecap asin, atau rumput laut. Kombinasikan bumbu-bumbu sesuai dengan selera.

Coba Sesuatu yang Baru

Cobalah untuk membeli satu atau dua buah sayuran baru saat berbelanja. Jika sudah membelinya, buatlah menu baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Campurkan beberapa sayuran untuk mengombinasikan warna dan rasa. Dengan begitu, akan menemukan beberapa menu baru yang dapat dihidangkan setiap hari.

Memasak dengan Benar

Saat berusaha makan lebih banyak sayuran, buatlah menu yang lebih mudah memasak sayur dengan benar. Perhatikan metode dan waktu saat memasak sayuran. Bumbui sayuran dengan benar agar sayuran tetap memiliki nutrisi. Perhatikan waktu saat memasak, sebaiknya jangan terlalu lama agar tekstur dari sayur tidak lembek dan hancur.

Metode Memasak

Perhatikan metode untuk memasak sayuran. Metode termasuk merebus, mengukus, memanggang, menumis, merebus, bahkan mengasinkan. Jangan terlalu lama untuk memasak sayuran agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap masih ada. Beberapa sayuran seperti brokoli kembang kol, wortel, buncis dan lainnya mungkin dapat dilakukan dengan cara merebus dan mengukusnya. Untuk jagung dapat dimasak dengan direbus atau dipanggang. Sedangkan sayuran seperti asparagus dapat dipanggang.

Membuat Saus

Kadang-kadang salah satu cara untuk menikmati sayuran adalah dengan memberikan saus pada sayuran. Misalnya seperti menumis sayuran dengan saus asam manis, campur dengan pasta dan kukus. Namun usahakan jangan terlalu banyak mencampurkan saus ke dalam masakan sayuran.

Mengonsumsi Sayuran Mentah

Terkadang cara yang terbaik untuk menikmati sayuran adalah dengan tidak memasaknya sama sekali. Tentunya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam sayuran masih tetap utuh. Makanan ini dapat sering kita jumpai seperti salad sayur dan lalapan. Namun jika hendak mengonsumsi sayuran mentah, pastikan sayuran dalam keadaan bersih. Cuci terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Untuk Sahabat Fimela yang tidak terlalu menyukai sayuran da baiknya tetap mencoba mengonsumsinya, karena sangat penting untuk memenuhi nutrisi tubuh. Mungkin dengan pilihan beberapa metode memasak seperti di atas.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading