Sukses

Lifestyle

Bawang Putih, Alternatif untuk Mengatasi Masalah Usus

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu pernah memiliki masalah pada perut kamu seperti merasa kembung. Hal ini mungkin muncul karena terdapat masalah pada usus kamu. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, sebuah studi 2018 yang dilakukan oleh para peneliti di Kings College London menemukan bahwa serat prebiotik yang ditemukan dalam makanan tertentu mungkin lebih bermanfaat untuk usus daripada yang lain. Bawang putih adalah jawabannya.

Bawang putih secara alami mengandung inulin tinggi, sejenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna atau yang memberi makan bakteri baik dalam sistem pencernaan kamu. Pada dasarnya, ini bertindak sebagai bahan bakar bagi bakteri tersebut untuk bekerja dengan lebih baik, yang akan membuat usus kamu berfungsi lebih baik secara lagi.

Bawang putih dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di usus dan mencegah pertumbuhan bakteri pemicu penyakit pada saat yang bersamaan. Selain itu, bawang putih memiliki sifat antioksidan, antimikroba dan anti kanker yang dapat mencegah penyakit jantung.

Bawang Putih Mentah

Mengonsumsi bawang putih dengan keadaan mentah adalah cara terbaik untuk kesehatan usus kamu. Jika kamu tidak begitu suka bawang, kamu dapat mencampurnya dengan roti bakar atau dengan salad.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah jika kembung dan pencernaan kamu disebabkan oleh IBS atau Irritable bowel syndrome, bawang putih tidak menjadi solusi masalah perut kamu. Penelitian telah menemukan bahwa tidak mengonsumsi seperti bawang putih akan dapat membantu menjernihkan masalah-masalah tersebut. Jadi ada baiknya untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter yang ahli pada bidangnya.

#Changemaker

Penulis: Zhafira Majdina

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading