Sukses

Lifestyle

Fungsi dan Kegunaan Asam Kandis dalam Berbagai Masakan

Fimela.com, Jakarta Pernah mendengar kata asam kandis dalam sebua resep masakan? Mungkin asam kandis tidak banyak digunakan seperti asam jawa, namun fungsinya hampir sama dengan asam jawa sehingga keduanya bisa saling menggantikan.

Asam kandis sebelum dijual dalam bentuk kering dan berwarna merah gelap hingga kehitaman sebenranya merupakan buah segar yang dipanen ketika sudah berwrana merah. Daging buah kandis akan diambil, dikupas dari bijinya dan dikeringkan di bawah sinar matahari untk kemudian dijadikan asam kandis.

1. Bumbu dapur

Memiliki karakter rasa yang sangat asam, fungsi utama asam kandis adalah memberikan rasa asam pada masakan dengan bumbu rempah yang kaya seperti rendang, kari, pindang, dan gulai.

2. Minuman sehat

Asam kandis juga bisa dijadikan minuman hangat dengan cara diseduh dan ditambah gula karena mampu memberi kesegaran pada tubuh seperti halnya minum kunyit asam.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedicine & Pharmacotherapy menemukan bahwa asam kandis memiliki kandungan vitamin C tinggi dan berbagai senyawa lainnya yang sehat untuk tubuh seperti mencegah diabetes, melawan kanker dan meningkatkan imun tubuh.

3. Dijadikan selai

Asam kandis selain dikeringkan dan dijadikan bumbu dapur juga bisa diolah menjadi selai. Buahnya yang masih segar dimasak dengan gula hingga halus dan disimpan dalam toples untuk dijadikan selai.

Nah, jadi jika kebetulan menemukan asam kandis di pasar, jangan ragu membelinya, siapa tahu dibutuhkan ketika memasak.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading