Sukses

Lifestyle

Tetap Menjaga Kesehatan Mental selama Masa Isolasi Diri dengan 5 Praktik Self Care di Rumah

Fimela.com, Jakarta Self care atau perawatan diri dapat secara signifikan memengaruhi kesehatan mental seseorang. Apalagi di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19 yang membuat kita mau tidak mau harus mengisolasi diri di rumah.

Tidak jarang, hal ini membuat beberapa orang merasa bosan berada di rumah karena kehilangan aktivitas bersosialisasi yang biasa dilakukan bersama dengan lingkungan sosialnya, sehingga hal ini dapat memengaruhi kesehatan mental sebagian orang.

World Health Organization atau WHO sendiri memberikan himbauan kepada masyarakat melalui Department of Mental Health and Substance Use untuk menjaga diri sendiri dengan mencoba dan menggunakan strategi "coping." Strategi ini bermanfaat untuk memastikan apakah kamu memiliki waktu istirahat yang cukup, makan makanan yang cukup dan sehat, terlibat dalam aktivitas fisik, dan tetap berhubungan dengan keluarga dan teman di sela-sela beban pekerjaan yang juga dilakukan di rumah.

Cara seperti ini mampu membuat kamu lebih rileks serta menghilangkan stres. Untuk itu, jika semua strategi sudah kamu lakukan, cobalah untuk memanfaatkan waktu di rumah dengan melakukan self care untuk mendukung kesejahteraan mental dan psikososial bagi diri sendiri. Melansir dari thoughtcatalog.com berikut 5 cara self care yang bisa kamu praktikan di rumah, selama masa isolasi diri.

1. Lilin Aroma Terapi

Tidak ada bak mandi? Tidak perlu khawatir. Kamu bisa menciptakan suasana yang sama seperti berada di bak mandi, dengan meletakkan lilin di beberapa sudut kamar mandi yang aman. Matikan lampu kamar mandi dan nyalakan semua lilin yang kamu miliki di kamar mandi. Putar musik pilihan kamu, lakukan aktivitas mandi yang sedikit berbeda, misalnya dengan tidak terburu-buru menggosok tubuh sembari menikmati musik dan lilin aromaterapi yang wangi juga menenangkan.

2. Gunakan minyak tubuh untuk menjaga kecantikan kulit

Setelah mandi yang menenangkan, jangan takut untuk memanjakan kulit kamu dengan cinta dan perawatan ekstra dengan minyak tubuh pilihan. Kamu bisa menggunakan campuran lavender dan amethyst, karena ini tidak hanya terasa halus di tubuh, tetapi juga menghilangkan noda dan bintik-bintik hitam. Ada banyak pilihan minyak tubuh yang dapat kamu buat sendiri di rumah sekaligus bereksperimen dengan sebanyak mungkin herbal yang kamu inginkan.

3. Dupa atau aromaterapi

Tidak banyak orang mungkin tidak menikmati bau dupa atau menganggap aromanya terlalu kuat. Beberapa lainnya menganggap dupa sangat aromatik dan benar-benar mampu meremajakan. Jika kamu bukan penikmat dupa, cari aromaterapi lainnya yang aromanya mampu membuatmu rileks dan nyaman. Tutup mata, tarik nafas dan hirup aromanya sambil melakukan aktivitas self care lainnya sendiri seperti saat menggunakan masker wajah, saat menonton film, membaca novel favorit dengan secangkir kopi, atau bahkan bermeditasi untuk membantu kamu bersantai.

4. Berlatih Yoga

Melakukan yoga dalam kelompok kecil atau besar adalah tren olahraga yang diminati banyak orang. Jika biasanya kamu melakukannya di studio yoga atau bersama dengan teman-teman lainnya, kini cobalah untuk memanfaatkan kenyamanan rumah sendiri. Gunakan aplikasi yoga dan curahkan 20, 30 atau mungkin 45 menit untuk satu sesi yoga. Berlatih dengan langkah sendiri sehingga kamu dapat menikmati waktu pribadi di ruang pribadi kamu sendiri.

5. Lakukan hobi yang menyenangkan

Hobi membantu kita mengurangi stres dari kehidupan sehari-hari dan fokus pada sesuatu yang dapat mengalihkan pikiran kita dari beban emosional. Jika selama masa sekolah kamu memiliki hobi melukis, tidak ada salahnya untuk melakukannya lagi saat ini. Atau jika kamu penggemar novel-novel klasik, kamu bisa menghabiskan banyak waktu untuk membacanya di sela-sela kesibukan pekerjaan kamu. Jika kamu si pecinta kopi, cobalah untuk belajar membuat kopi sendiri di rumah. Tidak ada salahnya melakukan kegiatan yang berbeda, ketahui apa yang kamu suka dan lakukan itu untuk membuat dirimu merasa lebih baik.

#ChangeMaker

Penulis: Iffah Nurahmah

What's On Fimela
Loading