Sukses

Lifestyle

Makna 3 Elemen Ramadan Bagi Umat Islam

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah tentang puasa dan mengikuti perintah Allah SWT. Ada banyak kesempatan untuk memanfaatkan selama bulan suci ini dan umat islam mencari pertobatan atas dosa-dosa masa lalu serta menjadi lebih saleh. Terdapat 3 elemen dalam puasa Ramadan yang memiliki makna bagi umat Islam. Apa saja 3 elemen tersebut? Berikut ini penjelasan tentang 3 elemen penting yang memiliki makna bagi seluruh umat muslim. 

Sahur

Sahur adalah bagian penting dari puasa. Muslim mengonsumsi makanan sehar di saat sahur agar tetap sehat selama sisa hari puasa. Cara yang benar untuk makan selama sahur adalah makan dalam jumlah sedang. Namun, banyak orang yang melewatkan sahur, ini tidak disukai oleh Allah, karena mereka yang melewatkan sahur merasa sulit untuk menyelesaikan puasa dan pada akhirnya menghancurkannya. Sahur adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan dan mengisi diri dengan cukup energi sehingga dapat berpuasa sepanjang hari.

Berbuka Puasa

Melakukan iftar adalah tindakan yang membawa berkah bagi umat Islam. Beberapa orang membuat pengaturan untuk berbuka puasa untuk orang lain seperti di masjid. Ini adalah tindakan kebaikan dan kebaikan yang disukai oleh Allah. Dikatakan bahwa Allah akan membuka gerbang pengampunan bagi mereka yang membantu pengamat puasa dalam mendapatkan iftar yang memadai untuk berbuka puasa saat ini. Orang yang memberi pengamat ait yang cepat untuk diminum pada saat berbuka puasa akan diberi minum dari air mancur Allah di mana mereka tidak akan pernah lagi merasa haus.

Ramadan mengajarkan kita banyak hal mulai dari kesabaran, menahan diri dan disiplin hanya beberapa diantaranya. Umat muslin harus berusaha untuk mengambil keuntungan dari kesempatan yang dibawa Ramadan. Ramadan ini, umat Islam di seluruh dunia akan berpuasa, melakukan Aitekaaf dan Tarawih serta memberikan zakat. Semua orang akan tertarik untuk mendapatkan berkah dari malam Lailat-ul-Qadar

Puasa

Salah satu manfaat dari puasa adalah bahwa itu adalah kesempatan bagimu untuk memperbarui identitasmu dengan umat. Berlawanan dengan apa yang dipikirkan banyak orang, Ramadan bukan pengalaman pribadi tetapi tentang komunitas. Hal terbaik tentang puasa adalah bahwa umat Islam berpuasa bersama, memungkinkan kita untuk mengidentifikasi satu sama lain dalam kepatuhan kita kepada Allah. Ini merupakan sebagai Muslim.

Sebagai seorang Muslim, sudah seharusnya kita menyambut bulan suci Ramadan ini dengan penuh suka cita dan memaknai setiap nilai-nilai dari adanya Ramadan ini. Meskipun kita menjalankan bulan puasa dengan penuh ketidakpastian di tengah wabah virus corona yang mengguncang seluruh dunia.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading