Sukses

Lifestyle

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan yang Sungguh Istimewa

Fimela.com, Jakarta Pada awal bulan Ramadan, membiasakan diri dengan rutinitas puasa mungkin cukup sulit. Perubahan jam tidur dan pola makan memang butuh proses adaptasi dan penyesuaian diri. Walau terasa berat, tapi selama puasa yang kita lakukan kita niatkan untuk beribadah maka akan ada banyak berkah dan kebaikan yang bisa kita dapatkan.

Bulan Ramadan memiliki banyak sekali keutamaan dan keistimewaan. Secara umum, keutamaan bulan Ramadan dibagi menjadi tiga bagian. Pada sepuluh hari pertama bulan Ramadan, keutamaannya adalah kita bisa mendapatkan lebih banyak rahmat dari Allah SWT. Allah SWT membuka lebar-lebar pintu rahmat-Nya pada sepertiga awal bulan Ramadan.

Terbukanya Pintu Rahmat

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu,dimana ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).” Jadi, pada 10 hari pertama bulan Ramadan, Allah membuka pintu rahmat-Nya untuk setiap hamba yang menunaikan ibadah puasa dan dipandang sebagai seorang yang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal.

Mengutip ruangmuslimah.co, dalam khazanah tasawuf, rahmat ada dua macam. Pertama, rahmat dzaatiyyah, yaitu rahmat dan anugerah yang diberikan Allah SWT kepada semua makhluk-Nya tanpa terkecuali. Kedua, rahmat khushushiyyah, yaitu rahmat dan kasih sayang yang Allah SWT berikan hanya kepada hamba-hamba pilihan-Nya.

Semoga Kita Menjadi Hamba Pilihan-Nya

Memang kita butuh waktu untuk beradaptasi dan membiasakan diri berpuasa pada awal bulan Ramadan. Sepertiga awal bulan Ramadan mungkin terasa berat karena ada perubahan dalam keseharian kita untuk menahan haus dan lapar. Namun, itu bukan halangan kita untuk mendapatkan rahmat Allah SWT.

Semoga kita menjadi hamba pilihan-Nya, ya Sahabat Fimela. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan kemampuan untuk menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadan ini dengan sebaik mungkin.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading