Sukses

Lifestyle

Tidur Miring ke Sisi Sebelah Kanan, Sudah Tahu Manfaatnya?

Fimela.com, Jakarta Pernah mendengar anjuran untuk tidur dengan miring ke sisi sebelah kanan dari sisi agama? Tidur miring ke sisi sebelah kanan merupakan sunnah Rasulullah SAW. Selain itu, dari sisi kesehatan, tidur miring ke sisi sebelah kanan ada manfaatnya.

Tidur adalah sebuah kebutuhan. Kita butuh tidur untuk bisa menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang efektif adalah dengan miring ke sisi sebelah kanan.

 

 

Mempercepat Proses Pencernaan

Mengutip buku Menyingkap Rahasia Gerakan-Gerakan Sholat, Ibn Al-Qayyim Al-Jauziyyah mengatakan, "Tidur yang paling bermanfaat, apabila manusia tidur di atas sisi sebelah kanan. Karena dengan posisi ini makanan yang ada dalam perut/lambung menetap dengan baik. Sebab, lambung sedikit lebih condong ke sebelah kiri, kemudian beralih ke sisi sebelah kiri sebentar guna mempercepat proses pencernaan karena lambung condong ke hati, selanjutnya beralih lagi ke sisi sebelah kanan, agar makanan cepat turun dari lambung. Sehingga tidur yang paling bermanfaat adalah di atas sisi sebelah kanan ada saat permulaan dan penutupan tidurnya. Sedangkan banyak tidur di atas sisi sebelah kiri mengganggu jantung disebabkan condongnya beberapa organ tubuh ke jantung yang dapat membebani jantung."

Tidur dengan posisi miring ke sisi sebelah kanan dapat mencegah tekanan atau desakan hati terhadap lambung, serta membantu mengosongkan isi lambung. Di samping itu, juga memudahkan aktivitas jantung karena terhindar oleh desakan lambung dan diafragma.

Nah, sudah tahu kan manfaat dari tidur miring ke sisi sebelah kanan? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Loading