Sukses

Lifestyle

Manfaat Mengonsumsi Susu dengan Kurma untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Kurma merupakan salah satu jenis buah kering yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh kita. Ahli gizi mengatakan, mengonsumsi kurma setiap hari dapat mencegah banyak masalah kesehatan. Kurma mengandung nutrisi seperti karbohidrat, gula, protein, kalisum, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin K, vitamin B6, natrium, dan seng. Sedangkan susu mengandung lemak, protein, karbohidrat, selenium, vitamin B6, vitamin A, kalsium, vitamin D, tembaga dan seng.

Mengonsumsi susu kurma secara rutin akan memberikan manfaat besar untuk kesehatan tubuh. Karena memiliki banyak kandungan nutrisi sehat, berikut ini ada beberapa manfaat mengonsumsi susu kurma untuk kebaikan tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tingginya kadar kolesterol, lemak, kalisum, dan zat lain dalam darah menyebabkan penimbunan plak di arteri. Kondisi ini disebut aterolerosis. Kurma mengurangi jumlah kolseterol dalam darah dan mengurangi penyumbatan pada arteri.

Mengatasi Sembelit

Mengonsumsi susu kurma bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Campurkan 5 biji kurma ke dalam 500 ml susu. Masak hingga mendidih, jika sudah matang, biarkan susu dingin. Minumlah susu ini saat perut masih kosong di pagi hari. Serat dalam susu kurma, akan mencegah sembelit.

Memperkuat Tulang

Susu dan kurma mengandung banyak kalsium, selenium, tembaga, dan magnesium. Nutrisi ini membuat tulang menjadi lebih kuat. Bukan hanya tulang saja, nutrisi ini juga penting untuk menjaga gigi tetap kuat. Mengonsumsi susu kurma dapat mencegah masalah osteoporosis. Kalsium dan Magnesium bekerja sama untuk membuat tulang lebih kuat. Susu kurma juga baik untuk ditambahkan dalam menu diet serta untuk mendapatkan tulang yang lebih kuat.

Mencegah Kanker

Susu yang dicampur dengan kurma, mengandung oksidan alami. Ini juga kaya akan nutrisi seperti magnesium, fosfor, dan kalium. Nutrisi ini sangat bagus untuk pencegahan kanker. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa  kadar magnesium yang lebih tinggi dalam tubuh dapat menurunkan risiko kanker.

Mengobati Anemia

Karena kekurangan sel darah merah, jaringan tubuh tidak dapat cukup oksigen. Kondisi ini disebut anemia. Mengonsumsi susu kurma dapat mengobati anemia. Kurma kaya akan zat besi yang meningkatkan pertumbuhan sel darah merah dan sirkulasi darah dalam tubuh. Jika tidak mengonsumsi cukup zat besi, tubuh tidak dapat membuat sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Vitamin C dalam kurma membantu tubuh menyerap zat besi.

Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Kurma dengan susu dapat menjaga kesehatan sistem saraf seseorang. Karena minuman ini mengandung banyak vitamin B, kalium, dan natrium. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesahatan sistem saraf. Tubuh kita mengirimkan pesan ke otak dari melalui sistem saraf, kemudian pesan dari otak akan disampaikan dalam bentuk impuls saraf. Ion natrium dan ion kalium menghasilkan impuls saraf ini. Kalium dalam kurma mempu menjaga kesehatan otak.

Susu kurma adalah minuman yang paling sehat. Kurma yang dicampurkan dalam susu akan meningkatkan energi di siang hari. Selain iu, mengonsumsi susu kurma juga dapat meningkatkan suasana hati, melepaskan stres, meningkatkan penglihatan, mengurangi risiko diabetes, merangsang hormone pertumbuhan dan memperkuat pedengaran pada seseorang yang memiliki usia lanjut.

 

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

What's On Fimela
Loading