Sukses

Lifestyle

Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit saat Melakukan Aktivitas Fisik Ketika Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, rutinitas makan dan tidur akan mengalami perubahan. Periode 30 hari adalah kesempatan sempurna bagi siapa saja yang mencoba menurunkan berat badan melalui diet sehat dan olahraga. Beberapa orang dapat membuat perencanaan latihan terlebih dahulu saat berpuasa, karena beberapa orang mungkin akan melakukan olahraga sebelum berbuka puasa.

Penelitian menunjukkan bahwa puasa selama 30 hari berturut-turut tanpa melakukan latihan fisik atau aktivitas apa pun dapat mengurangi kekuatan dan kebugaran fisik. Berikut adalah waktu terbaik bagi orang yang berpuasa untuk melakukan aktivitas fisik.

Sebelum Berbuka

Tindakan pencegahan harus diambil dan pedoman yang tepat diikuti ketika bekerja sebelum berbuka. Berolahraga sesaat sebelum berbuka puasa harus dibatasi dan tidak lebih dari 60 menit, lebih disukai berada di ruangan ber-AC. Setelah berbuka puasa minumlah cukup cairan dan air untuk mengisi kembali energi dan mineral yang hilang dan beristirahatlah dengan baik.

Setelah Berbuka

Dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik tiga jam setelah berbuka, karena pada saat itu tubuh telah menyelesaikan proses pencernaan. Usahakan untuk tidak makan berlebihan, hal ini untuk mengindari munculnya sakit perut saat melakukan latihan  fisik.

Jangan Melakukan Latihan Terlalu Keras

Hindari olahraga agresif dan intensitas tinggi di siang hari dan terutama di cuaca panas. Hari-hari panas dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan menyebabkan dehidrasi.

Pilih Waktu yang Nyaman

Pilih waktu yang nyaman untuk berolahraga selama bulan Ramadan, baik sebelum berbuka atau dua jam setelah berbuka. Hindari aktivitas fisik segera setelah berbuka puasa karena semua energi tubuh akan diarahkan menuju pencernaan makanan.

Kurangi Beberapa Aktivitas

Kurangi beberapa aktivitas fisik, seperti duduk di depan televisi untuk waktu yang cukup lama. Sebaiknya atur kegiatan keluarga seperti berjalan-jalan atau melakukan pekerjaan rumah tangga. Segera hentikan aktivitas fisik apa pun jika mengalami pusing, mual, kesulitan bernapas atau nyeri dada.

Menjaga kesehatan tubuh selama puasa memang perlu dilakukan, tidak hanya dengan mengonsumsi makanan bergizi tetapi juga dengan melakukan aktivitas fisik seperti melakukan olagraga ringan yang bisa dilakukan saat setelah berbuka atau sebelum berbuka puasa. Namun, tetap perhatikan kondisi kesehatan tubuh.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading