Sukses

Lifestyle

Mengecap Hidangan Khas di 6 Lokasi Perkampungan Asia

Fimela.com, Jakarta Perjalanan mengeksplorasi rasa sembari menyusuri negara-negara Asia tidak selamanya mewah. Justru, cita rasa asli yang betul-betul menggugah selera terdapat di pinggir jalan atau harus menyusuri gang-gang sempit. 

Oleh para chef jalanan, makanan khas setempat diolah sedemikan rupa dengan segala kesederhaannya, menjadi sebuah hidangan yang mampu membuatmu terseret ke dalam memori tak terlupakan. Meski tempatnya tidak terkenal, namanya tak pernah disebut media mana pun, ada beberapa orang yang menjadikan daerah-daerah terpencil sebuah surga para foodie. 

Channel News Asia berusaha mengangkat beberapa perkampungan kumuh di Asia dengan makanan khasnya yang begitu lezat lewat Slumfood Millionaire. Sembari merayakan hidangan lezat yang tidak pernah dikenal dunia, Slumfood Millionaire menghadirkan kisah dari koki berbakat di daerah kumuh seperti Manila, Bangkok, Mumbai, Jakarta, Phnom Penh, dan Kota Kinabalu. 

Mereka menggunakan bahan-bahan murah yang sering terabaikan dan menjadikannya hidangan lezat yang identik dengan komunitas mereka masing-masing. Di antara kisah-kisah tersebut, mereka ternyata menyisipkan semangat dan ketahanan mereka untuk membuktikan kalau makanan yang baik tidak perlu rumit dan mahal. Ada 6 sajian sederhana dari 6 lokasi di Asia yang perlu dunia ketahui. 

1. Tondo, Manila

Di wilayah kumuh terbesar di Manila, beberapa masyarakat menyulap ayam sisa menjadi sebuah sajian ayam yang crunchy dan pedas. Juga, ada sup usus babi, serta perut babi goreng yang begitu lezat. Kamu bisa menemukan makanan-makanan ini di daerah Tondo, Manila, Filipina. 

2. Kota Kinabalu, Malaysia

Ada begitu banyak makanan khas di Malaysia yang terus dicari para pelancong dari berbagai negara tetangga. Namun, kamu harus mencoba creamy pufferfish stew yang mampu menggugah selera. Hidangan laut di Kota Kinabalu ternyata begitu kaya. Kamu juga harus mencoba umami sea urchin rice dan kue tapioka yang begitu lezat sebagai camilan atau hidangan penutup. Kamu bisa mencari masakan migran yang unik ini di Pulau Gaya, Kota Kinabalu, Malaysia. 

3. Bangkok, Thailand

Bangkok telah lama dikenal sebagai surganya makanan di Asia. Namun, belum banyak orang mengenal tentang Klong Toey, sebuah kampung kumuh yang menjadi rumah bagi berbagai hidangan lezat khas setempat. Di kampung ini, kamu harus menyicip hidangan udang mentah, ginjal bakar, salad daging empedu, darah Isaan, dan hidangan daging babi yang begitu menggiurkan. 

4. Phnom Penh, Kamboja

Ada sebuah kampung yang bernama Borei Keila. Di sini, kamu bisa menikmati kodok bakar pedas, kodok isi daging babi, dan hidangan ikan yang telah difermentasi. Semua hidangan ini merupakan menu sehari-hari masyarakat setempat sejak era perang di Kamboja. 

5. Jakarta, Indonesia

Jakarta memang penuh dengan hidangan pinggir jalan yang menggugah selera. Tapi, di Muara Karang, kamu bisa menemukan berbagai hidangan yang tidak biasa, atau jarang di temukan di Ibu Kota. Mulai dari sarden ceviche, bola-bola sagu, hingga ceker goreng. Kampung nelayan ini memiliki daya tarik sendiri dengan hidangan yang begitu beragam, mulai dari masakan yang terinspirasi dari masakan Jawa, hingga Bugis. 

6. Mumbai, India

 

Masakan India terkenal akan ciri khasnya yang tidak bisa ditemukan di masakan khas negara lain. Namun, pernahkah kamu menemukan hidangan khas India yang memiliki pengaruh masakan Cina yang begitu lekat? Kamu bisa mengunjungi Dharavi, sebuah kampung sesak yang memiliki hidangan khas seperti saus Manchuria dan idli yang fluffy atau vadas yang crunchy. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading