Sukses

Lifestyle

4 Cara Terbaik untuk Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Fimela.com, Jakarta Bibir pecah-pecah juga dikenal sebagai cheilitis, adalah masalah umum dan tidak nyaman. Kulit bibir jauh lebih tipis dan lebih halus daripada di bagian tubuh lainnya. Bibir yang terkena panas matahari dan udara dingin serta kering membuatnya rentan terhadap kekeringan, pecah-pecah, dan mengelupas. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi bibir pecah-pecah sehingga dapat terlihat lebih sehat.

Gunakan Lip Balm

Beberapa lip balm lebih baik daripada yang lain dan merek populer mungkin mengandung bahan yang malah membuat bibir menjadi lebih kering. Misalnya, banyak lip balm mengandung mentol atau mint lainnya. Ini dapat memberikan sensasi dingin, tetapi mint sangat kering dan sangat membuat bibir lebih pecah-pecah daripada sebelumnya. Pilih lip balm yang dapat menenangkan dan melembabkan bibir.

Caba Pengobatan Alami

Ada beberapa solusi alami yang efektif untuk bibir pecah-pecah. Seseorang bahkan mungkin memiliki beberapa bahan di dapur untuk mengobati bibir pecah-pecah. Untuk melembabkan dan menangkan bibir yang pecah-pecah, oleskan beberapa bahan alami berikut ini.

  • Lidah Buaya, gel ini terbentuk dalam tanaman lidah buaya. Lidah buaya mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan anti-inflamasi yang menenangkan dan merehidrasi kulit yang rusak.
  • Minyak Kelapa, terbuat dari daging kelapa, minyak ini dapat mencegah peradangan dan merupakan emolien yang dapat menangkan dan melembabkan kulit bibir.
  • Madu, sangat melembabkan, yang menjadikannya perawatan yang baik untuk bibir kering. Madu juga mengandung antioksidan dan sifat antibakteri, yang membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat kering atau pecah-pecah.
  • Mentimun, ini bisa melembabkan bibir dengan lembut dan mungkin mengandung vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki penampilan bibir.
  • Teh Hijau, kaya akan antioksidan dan mineral, teh hijau juga mengandung polifenol, yang mengurangi peradangan. Rendam kantong teh hijau dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut ke bibir untuk melembutkan dan menghilangkan kulit kering yang berlebih.

Mengonsumsi Air Putih

Dehidrasi adalah penyebab utama dalam hal bibir pecah-pecah. Orang mungkin tidak memperhatikan ketika mereka sedikit mengalami dehidrasi, jadi itu ide yang baik untuk membuat kebiasaan minum air sepanjang hari. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ini dapat menyebabkan kulit kering, termasuk pada bibir.

Eksfoliasi Bibir

Bibir yang pecah-pecah dilapisi kulit kering, orang-orang dapat menggunakan scrub bibir yang mengandung gula atau soda kue untuk mengelupas kulit kering dengan lembut. Carilah produk yang mengandung bahan yang akan menangkan dan melembabkan bibir. Sahabat Fimela dapat membeli scrub bibir di toko kosmetik atau dapat membuatnya sendiri di rumah.

Bibir yang pecah-pecah adalah masalah umum dan terkadang membuat Sahabat Fimela merasa tidak nyaman dan tidak tampil percaya diri. Berhati-hatilah saat membeli produk bibir. Beberapa orang mungkin mengalami bibir pecah-pecah yang lebih serius dapat berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading