Sukses

Lifestyle

Ini Manfaat Punya Teman yang Usianya Jauh Lebih Tua Darimu, Menurut Studi

Fimela.com, Jakarta Punya teman adalah kebutuhan setiap manusia karena manusia diciptakan sebagai makhluk yang akan selalu membutuhkan manusia lainnya. Tapi setiap orang pasti punya kriteria tertentu saat menentukan mau berteman dengan orang lain, dan apakah usia termasuk? Bisa saja.

Umumnya orang akan memilih berteman dengan orang-orang yang seumuran atau sebaya dengannya. Tak banyak orang yang kepikiran untuk berteman dengan orang-orang jauh lebih tua atau mungkin jauh lebih muda darinya. Padahal, ada kelebihan tersembunyi jika berteman dengan orang yang memiliki rentang usia yang jauh berbeda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam AARP Research menemukan bahwa hampir 93% orang mengaku berteman dengan orang-orang yang memiliki perbedaan usia yang jauh berbeda memiliki beberapa manfaat. Dalam penelitian ini, para partisipan memiliki teman-teman dengan perbedaan usia 2 hingga 15 tahun lebih tua atau lebih muda.

Manfaat Berteman dengan Orang Beda Usia Jauh

Penelitian dengan judul The Positive Impact of Intergenerational Friendships ini menyebutkan beberapa manfaat unik yang didapat dari teman dengan rentang usia yang sangat berbeda adalah

  1. Memperluas sudut pandang saya terhadap sesuatu atau memandang sesuatu dari perspektif/sudut pandang yang berbeda
  2. Membuat saya lebih nyaman berbagi tentang pikiran atau pendapat pribadi
  3. Menginspirasi dengan berbagai pengalamannya
  4. Membuat saya lebih menghargai pengalaman saya sendiri
  5. Membuat saya merasa lebih dihargai
  6. Memberikan saya teladan atau sosok yang bisa dicontoh
  7. Membuat saya mengetahui tren terkini
  8. Meningkatkan energi diri sendiri

Peneliti mengungkapkan, karena perbedaan usia yang jauh, tentu ada banyak hal berbeda yang dialami dalam hidup "teman" dan kita. Itulah mengapa kita seakan mengenal dunia baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya, bahkan untuk teman-teman yang lebih muda.

Jadi jangan remehkan teman dengan usia yang lebih tua atau lebih muda, karena setiap orang mampu selalu bisa membuat kita belajar, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

What's On Fimela
Loading