Sukses

Lifestyle

Cara Membersihkan Kolang-Kaling, Cukup Pakai Air Cucian Beras

Fimela.com, Jakarta Ketika membeli kolang-kaling di pasar, beberapa orang mungkin akan memikirkan pertanyaan 'bagaimana cara membersihkannya?'. Umumnya kolang-kaling dijadikan bahan campuran es atau minuman segar lainnya.

Jika tidak tahu cara yang tepat membersihkannya, kolang-kaling akan cepat basi, bau tak sedap dan bahkan berlendir. Pada akhirnya rasa kolang-kaling tidak enak. Nah, tak mau hal ini terjadi kan?

Jika kebetulan membelinya di pasar untuk diolah sendiri di rumah, cara paling sederhana namun efektif membersihkan kolang-kaling adalah dengan air beras.

Bahan:

  • 1 kg kolang kaling
  • 2 cup beras, ambil air cucian beras kedua kalinya

Caranya:

  1. Cuci beras sekali dan buang airnya. Tuang air lagi hingga beras terendam dan cuci beras. Sisihkan beras dan ambil airnya. Air cucian kedua ini yang bisa digunakan untuk mencuci kolang-kaling.
  2. Cuci kolang-kaling di air mengalir. Setelah cukup bersih, tuang air cucian beras ke dalam wadah kolang-kaling hingga terendam.
  3. Rendam kolang-kaling selama satu jam hingga semalam. Jika ingin diolah, akan lebih baik mulai direndam satu hari sebelumnya.
  4. Setelah itu buang airnya dan bilas bersih kolang-kaling. Hasilnya, kolang-kaling kesat dan tidak berbau. Bisa langsung direbus dan dikonsumsi.

Nah, itu dia cara membersihkan kolang-kaling agar tidak berbau dan berlendir. Silakan dicoba.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading