Sukses

Lifestyle

Cara Menyimpan Daging Ayam agar Tidak Mudah Basi

Fimela.com, Jakarta Daging ayam adalah bahan makanan yang sering dikonsumsi karena memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh, dan sangat mudah untuk diolah. Daging ayam sangat kaya akan nutrisi seperti kalsium, magnesium, fosfor dan kalium serta natrium.

Daging ayam juga memiliki kandungan vitamin seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin D dan vitamin A serta vitamin K. Daging ayam dapat diolah dengan mudah. Mulai digoreng, direbus, dipanggang atau dijadikan tumisan yang rasanya sedap.

Namun daging ayam sangat mudah basi. Karena daging ayam mudah terkontaminasi bakteri yang tidak baik, jika daging ayam tidak disimpan dengan benar. Agar daging ayam tidak mudah basi, berikut tips menyimpan daging ayam yang dilansir dari berbagai sumber:

 

Menyimpan di dalam Freezer

Cara menyimpan daging ayam yang pertama, yaitu menaruh daging ayam di dalam freezer. Hal ini agar tidak mudah basi. Suhu dingin yang terdapat di dalam freezer, bisa membantu mencegah munculnya bakteri dan kuman jahat yang bisa menyebabkan daging ayam cepat busuk.

Menyimpan daging ayam di dalam freezer, bisa membuat daging ayam bertahan hingga satu tahun, dan daging akan tetap segar.

Rak Bawah Lemari Es

Cara menyimpan daging ayam yang selanjutnya, yaitu dengan cara menaruh di rak bawah lemari es. Menyimpan daging ayam di rak bawah lemari es, bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri jahat, yang menjadi penyebab daging basi atau busuk.

Namun menyimpan daging ayam di dalam rak bawah lemari es, hanya akan bertahan kurang lebih 2 hari saja dengan menggunakan suhu lemari es kurang lebih 0-5 °C.

Jangan Mencuci Daging Ayam

Walaupun terkadang memiliki darah yang banyak, namun sebelum disimpan di dalam lemari es lebih baik jangan mencuci daging ayam terlebih dahulu. Mencuci daging ayam justru memicu timbulnya bakteri jahat. Selain itu membuat daging ayam teroksidasi yang bisa membuat cepat basi dan busuk.

Kamu bisa memotong-motong daging ayam terlebih dahulu, sebelum memasukkan ke dalam lemari es. Pastikan kamu mencuci daging ayam pada saat akan memasak daging tersebut.

Menggunakan Wadah Kedap Udara

Cara menyimpan daging ayam yang terakhir yaitu dengan menyimpannya pada wadah yang kedap udara. Hal ini dilakukan agar udara luar tidak masuk ke dalam ayam dan bau ayam tidak menyebar di dalam lemari es. Jika kamu ingin membumbui ayam semalaman usahakan menggunakan wadah yang tertutup rapat, agar rasa ayam tidak berubah.

Bagaimana Sahabat Fimela? Mudah kan? Food prepare ini akan membantumu saat mengolah masakan. Semoga bermanfaat tips ini.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Buku Self Improvement Yang Wajib Kamu Baca
Artikel Selanjutnya
30 Kutipan Terbaik Novel And Then There Were None Karya Agathe Christie