Sukses

Lifestyle

5 Makanan Ringan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Secara Berlebihan

Mengisi waktu luang sambil mengonsumsi makanan ringan pasti menyenangkan, namun ada beberapa makanan ringan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi secara berlebihan karena akan berdampak buruk untuk kesehatan. Walaupun jenisnya adalah makanan ringan, jika kamu mengonsumsinya terlalu sering, maka makanan tersebut dapat berbahaya.

Makanan ringan termasuk makanan yang mudah dicari dan biasanya harganya relatif terjangkau, hal ini yang menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai makanan ringan, bahkan menyetoknya dalam jumlah banyak dan menjadikannya kebiasaan untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, karena mudah ditemukan dan banyak dijual, kamu justru perlu merasa berhati-hati.

Kamu perlu waspada terhadap makanan ringan yang kamu konsumsi karena bisa jadi makanan tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang sembarangan atau tidak memiliki gizi yang cukup baik untuk tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsinya secara berlebihan sebaiknya perlu kamu hindari.

Nah, buat kamu yang mulai penasaran daftar makanan ringan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan bisa melihat informasinya berikut ini. Fimela.com akan berbagi informasi 5 makanan ringan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Kue Beras

Makanan ringan pertama yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan ialah kue beras. Kue beras bisa dikatakan sebagai kue khas atau kue tradisional yang rendah kalori. Sekilas nampaknya tidak ada masalah dengan kue beras, namun jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan maka makanan ringan ini akan menimbulkan masalah kesehatan.

Hal ini karena kue beras berasal dan diolah dari nasi putih olahan, yang tinggi karbohidrat. Tentu saja jika dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan kadar gula darah. Apalagi kue beras ini ditambah dengan perasa seperti garam dan gula. Hal ini bisa meningkatkan jumlah kalori.

Snack Kacang dan Buah Kering

Berikutnya, makanan ringan kedua yang sebaiknya tidak kamu konsumsi secara berlebihan ialah snack kacang dan buah kering. Memang kacang dan buah kering adalah camilan ringan yang kedengarannya cukup sehat, tetapi hanya jika kamu memilih buah-buahan tanpa ada rasa.

Menjadi tidak baik untuk kesehatan ketika kamu membeli snack kacang dan buah kering dengan campuran cokelat dan lain sebagainya. Hal ini akan meningkatkan konsumsi jumlah kalorimu. Untuk mensiasatinya, kamu bisa mengecek label nutrisi pada kemasannya sebelum membeli untuk melihat dan menimbang kadar kalorinya, apakah masih bisa ditolerir oleh tubuh atau tidak.

Susu Kedelai yang Bervarian Rasa dan Teh dalam Kemasan

Selanjutnya, selain makanan, ada juga minuman ringan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi secara berlebihan. Minuman tersebut ialah susu kedelai yang bervarian rasa serta teh yang dikemas. Susu kedelai merupakan minuman rendah kolesterol dan tinggi kalium serta protein. Namun, minuman ini akan menjadi tidak sehat dan bakal ganggu kesehatanmu, jika kamu menambahkan perasa atau mencampurkan rasa di dalamnya.

Hal ini akan menambahkan kandungan gula di dalamnya. Agar tetap sehat dalam mengonsumsi susu kedelai, jangan tambahkan perasa lainnya untuk tetap menjaga manfaat asli dari susu kedelainya.

Sama halnya dengan susu kedelai, teh juga memiliki khasiat beragam yang baik untuk kesehatan tubuh, namun minuman ini menjadi tidak sehat lagi jika sudah berada dalam kemasan. Teh yang dikemas mengandung tambahan gula, natrium, dan perasa buatan yang membuat kamu kehilangan manfaat penuh dari teh. Jadi, menyeduhnya sendiri di rumah, tanpa memberikan perasa tambahan merupakan cara yang baik dalam mengonsumsi teh.

Kacang Asin

Keempat, makanan ringan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi secara berlebihan ialah kacang asin. Kacang asin memiliki cita rasa yang enak, apalagi jika ditambah dengan varian perasa lainnya yang membuatnya semakin gurih. Namun, mengonsumsinya dalam jumlah besar justru tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat kacang secara alami yang baik bagi tubuh akan hilang dan tidak terserap oleh tubuh karena kacangnya sudah ditambah dengan perasa lain seperti, garam dan lainnya. Lebih aman jika kamu mengonsumsi dalam bentuk rebusan daripada yang sudah tercampur berbagai rasa.

Camilan Protein

Terakhir, makanan ringan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan ialah camilan protein. Camilan protein ini biasanya sering diandalkan banyak perempuan sebagai pengganti makanan berat karena dianggap dapat mengenyangkan dan bergizi. Harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan di toko dan pusat perbelanjaan menjadikan camilan protein banyak disukai orang.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mengonsumsinya dalam jumlah besar atau kamu jadikan sebagai makanan pengganti nasi, ada baiknya kamu melihat kandungan yang ada didalamnya, terutama kandungan gula dan kalorinya. Jika lebih dari 200 kalori, maka hal ini setara dengan kamu mengonsumsi permen.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading