Sukses

Lifestyle

Cara agar Babat Sapi Cepat Empuk, Simak 3 Tipsnya Berikut Ini

ringkasan

  • Babat Direbus dengan Rempah dan Air Banyak
  • Babat Dikerok dan Direndam Air Kapur Sirih
  • Babat Direbus dengan Panci Presto

Fimela.com, Jakarta Babat sapi memiliki tekstur dan rasa yang khas. Ada banyak olahan sedap yang bisa dibuat dari babat, seperti babat gongso, nasi goreng babat, dan soto babat. Hanya saja seringkali kendala dalam membuat olahan babat adalah teksturnya yang masih alot ketika dimasak.

Untuk itu sebelum babat dibumbui, maka babat perlu diproses terlebih dahulu supaya empuk. Ada beberapa tips dan cara yang bisa dicoba. Langsung saja simak selengkapnya di sini.

1. Babat Direbus dengan Rempah dan Air Banyak

Cuci bersih babat lalu potong kecil-kecil. Rebus babat dengan daun salam, lengkuas, serai, dan jahe. Gunakan air yang banyak sampai babat mengambang. Ketika air menyusut, tambah lagi airnya sampai babat mengambang lagi. 

Tusuk babat dengan garpu untuk mengetes tingkat kematangan dan tekstur babat. Jika babat masih alot, tambahkan air lagi sampai babat kembali mengambang dan ulangi proses perebusan beberapa kali jika perlu. Setelah babat empuk, angkat dan tiriskan babat. Babat siap dibumbui.

2. Babat Dikerok dan Direndam Air Kapur Sirih

Bila ingin mendapatkan babat yang tampak lebih bersih, cara ini bisa dicoba. Babat yang sudah dicuci bersih, direndam dengan larutan kapur sirih selama 30 menit. Remas-remas sebentar dan kerok bagian dalam babat dengan sendok. Untuk menghilangkan baunya, tambahkan air perasan jeruk nipis secukupnya. Setelah dibilas hingga bersih, babat bisa direbus sampai empuk.

3. Babat Direbus dengan Panci Presto

Babat yang sudah dibersihkan bisa dipotong sesuai selera. Lalu masukkan ke dalam panci presto dengan air. Masak selama sekitar 30 menit. Maka, babat pun akan empuk dan bisa diolah dengan bumbu yang sudah disiapkan. Air bekas rebusan sebaiknya dibuang dan tidak digunakan.

Tidak terlalu sulit kan untuk membuat babat cepat empuk? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading