Sukses

Lifestyle

4 Tips untuk Mendapatkan Tidur Nyenyak di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Mendapatkan tidur yang cukup memang sangatlah penting. Ini dapat membantumu merasa lebih baik dan membut tubuh serta otak berfungsi dengan baik. Namun, ada beberapa orang yang mungkin mengalami kesulitan parah untuk tertidur sepanjang malam. Tidur yang buruk dapat berdampak negatif pada banyak bagian tubuh dan otak, daya ingat, pembelajaran, suasana hati dan berbagai fungsi biologis. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tidur malam yang cepat dan lebih rileks.

Turunkan Suhu Ruangan

Suhu tubuh akan berubah saat tidur. Tubuh akan menjadi dingin saat dirimu berbaring dan suhu akan kembali meningkat saat dirimu terbangun. Jika suhu kamar terlalu hangat, ini dapat memungkinkanmu sulit tidur. cobalah untuk menggunakan pendingin ruangan saat tidur di malam hari. Preferensi individu bervariasi, jadi temukan suhu paling sesuai untuk tubuhmu. Selain itu, mandi air hangat juga bisa membantu mempercepat perubahan suhu tubuh. Setelah mandi tubuh akan lebih terasa dingin, ini dapat mengirimkan sinyal ke otak untuk tidur.

Dengarkan Musik yang Menenangkan

Musik dapat meningkatkan kualitas tidur secara signifikan. Bahkan dapat digunakan untuk memperbaiki gangguan tidur kronis, seperti insomnia. Mendengarkan musik relaksasi mungkin merupakan alat lain untuk mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Jika tidak memiliki musik santai, cobalah untuk menghilangkan semua sumber kebisingan juga bisa membantumu tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur tanpa gangguan.

Latihan Fisik di Siang Hari

Aktivitas fisik seringkali dianggap bermanfaat untuk tidur yang sehat. Olahraga dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur dengan meningkatkan produksi serotonin di otak dan menurunkan kadar kortisol, hormon stres. Namun penting untuk mempertahankan rutinitas olahraga dengan intensitas sedang dan tidak berlebihan. Pelatihan yang berlebihan telah dikaitkan dengan kurang tidur.

Hindari Tidur di Siang Hari

Karena kurang tidur di malam hari, penderita insomnia cenderung mengantuk pada siang hari yang seringkali menyebabkan tidur siang. Sedangkan tidur siang durasi pendek telah dikaitkan dengan peningkatan kewaspadaan terhadap beragam pendapat tentang efek tidur siang pada tidur malam. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur siang yang lama, maka akan menyebabkan kualitas tidur yang buruk bahkan seseorang mengalami kurang tidur.

Kesulitan untuk tertidur tidak hanya membuat frustasi, tetapi juga dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik. Menggunakan beberapa teknik di atas dapat membantu Sahabat Fimela cepat tertidur, sekaligus mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan memiliki lebih banyak energi keeseokan harinya.

Cek Video d Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading