Sukses

Lifestyle

10 Tips Manjur untuk Kamu yang Hidup Sendiri Pertama Kalinya

Fimela.com, Jakarta Hidup sendiri untuk pertama kali tentu tidak akan mudah, terutama bagi kamu yang selalu hidup bersama orangtua. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa hidup sendiri untuk pertama kalinya juga merupakan pengalaman yang menyenangkan.

Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa tips manjur untuk kamu yang hidup sendiri pertama kalinya. Penasaran?

1. Membuat anggaran

Walaupun kamu sudah terbiasa mengelola keuangan sendiri, biaya untuk hidup sendiri bisa berbeda. Buatlah anggaran yang realistis untuk semua pengeluaran.

2. Siapkan daftar nomor darurat

Simpan daftar nomor-nomor darurat di ponselmu atau tempelkan di dinding untuk segala kondisi atau keadaan. Misalnya, nomor pemilik rumah, rumah sakit, apotek terdekat, tukang kunci, dokter yang tinggal di dekat situ, dan nomor tetangga.

3. Bersikap baik kepada tetangga

Mempelajari nama tetangga dan bertukar sapa sesekali juga perlu dilakukan. Paling tidak, ini bisa memastikan ada orang yang bisa kamu mintai pertolongan sewaktu-waktu.

4. Menghias tempat tinggal dengan hal-hal yang membuatmu bahagia

Kamu bisa melakukan apapun yang kamu inginkan ketika hidup sendiri. Lakukan beberapa riset untuk hal terbaik yang bisa kamu lakukan dengan ruangan yang kamu tinggali saat ini dan anggarannya.

 

 

5. Menjaga kebersihan

Saat hidup sendiri, kamu perlu melakukan pembersihan secara menyeluruh setiap hari. Sebelum tidur setiap malam, sisakan sedikit waktu untuk membersihkan seluruh ruangan yang sepanjang hari telah kamu gunakan untuk bekerja.

6. Aman

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat hidup sendiri pertama kalinya, kamu bisa menggunakan perangkat keamanan, seperti kunci pintu dengan kode.

7. Menyediakan hal-hal yang penting

Obat-obatan, tisu, termometer, dan semprotan disinfektan harus selalu ada. Sama halnya dengan persediaan makanan, pastikan kamu memiliki semua hal-hal penting yang diperlukan untuk hidup sendiri.

8. Belajar memasak

Memasak menjadi penting ketika kamu hidup sendiri.

9. Menemui orang lain

Sebenarnya masalah yang dihadapi oleh orang-orang yang nyaman hidup sendiri adalah malas menghabiskan waktu dengan orang lain. Jangan lupa untuk menjadwalkan pertemuan dengan orang lain agar keterampilan sosialmu juga terasah.

10. Nikmati

Kunci untuk bisa hidup sendiri dengan nyaman adalah menikmatinya. Lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia ketika hidup sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading