Sukses

Lifestyle

Maksimalkan Manfaat Kunyit untuk Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Kunyit memang sudah dikenal sebagai bumbu rempah populer dalam masakan Asia dan telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional India selama ribuan tahun. Selain menyedapkan masakan, kunyit memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Sebagian besar khasiat kesehatan kunyit dapat dikaitkan dengan kandungan kurkumin yang menjadi senyawa bersifat antioksidan dan anti inflamasi kuat. Dilansir dari Healthline, studi terbaru menunjukkan bahwa kunyit juga berperan dalam menurunkan berat badan.

Penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa kurkumin dapat menekan penanda inflamasi tertentu yang berperan dalam inflamasi. Penanda ini biasanya meningkat pada orang dengan kelebihan berat badan.

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa senyawa ini dapat meningkatkan penurunan berat badan, mengurangi pertumbuhan jaringan lemak, menekan berat badan kembali dan meningkatkan kepekaan terhadap hormon insulin.

Cara mengonsumsi kunyit yang tepat

Dilansir dari Insider, The National Institute of Health belum menetapkan rekomendasi harian untuk asupan kunyit atau kurkumin. Namun penelitian serupa menemukan bahwa asupan harian yang aman adalah 3mg/kg kurkumin.

Untuk membantu penyerapan kurkumin yang lebih baik, ahli gizi dan penulis buku Velonda Anderson, PhD menyarankan untuk memanggang bubuk kunyit dan dipadukan dengan lemak atau lada. Kombinasi ini akan meningkatkan penyerapan hingga 2000 persen.

Terdapat tiga cara untuk memasukkan kunyit ke makanan. Yakni dengan menambahkan satu sendok teh ke smoothie, ditaburkan di atas salad, atau memasukkan pasta kunyit ke semur dan kari.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading