Sukses

Lifestyle

Punya Cita Rasa Unik, Kopi Sumatra Diangkat Jadi Kopi Legendaris Dunia

Fimela.com, Jakarta Kopi Sumatra adalah satu dari sekian banyak varietas kopi kebanggaan Indonesia. Nama Kopi Sumatra sendiri sudah diakui di dunia dengan aroma dan rasa yang unik.

Hal ini dikarenakan Pulau Sumatra sendiri memiliki kualitas biji kopi yang unik dengan kombinasi body, depth, dan rasa yang dominan. Untuk itulah, Nespresso memilih kopi Sumatra yang disebut Aged Sumatra sebagai salah satu variasi edisi terbatas dari rangkaian Master Origins. Nespresso menghadirkan variasi Aged Sumatra secara terbatas mulai 5 Oktober-25 November 2020.

"Ada proses dan metode yang unik untuk mengolahnya. Metode ini tidak digunakan di manapun selain Pulau Sumatra. Daerahnya, ekosistemnya, tanahnya memberikan profil yang menarik untuk kopi Sumatra. Inilah alasan mengapa kita memilihnya sebagai Master Origins," ungkap Bianca Febriani selaku Marketing Manager Nespresso.

Biji kopinya diambil dari dataran tinggi pegunungan Gayo, Aceh. Petani lokal menggunakan keterampilan mereka dalam mengolah biji kopi dengan proses giling basah.

Diproses dengan cara yang unik

Proses ini dimulai dengan mengeluarkan biji kopi dan parchment saat biji kopi dalam keadaan masih basah. Tujuannya adalah membiarkan udara masuk dan memudahkan proses pengeringan.

Tak berhenti sampai di situ, proses masih berlanjut selama tiga tahun ke depan dengan menyimpan biji kopi dalam karung goni dan dibiarkan lembap dan kering dengan proses alami. Setiap tiga bulan sekali para petani memantau perkembangan agar kualitasnya tetap terjaga. Penggabungan metode giling basah Indonesia dengan proses penuaan yang cermat selama beberapa tahun mengembangka profil kopi yang khas dan unik.

Aged Sumatra merupakan 100 persen biji kopi Arabica. Sehingga kamu akan menemukan perpaduan notes spicy woody dengan tekstur yang lembut. Kamupun juga akan merasakan perpaduan kompleks antara cokelat dan karamel.

Master Origins sendiri merupakan variasi kopi kapsul dari Nespresso yang menawarkan kesempatan bagi penikmat kopi untuk merasakan pengalaman mencicip berbagai rasa dan keunikan kopi legendaris dari seluruh dunia.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Penelitian Terbaru Soal Kopi dan Cokelat, Mana yang Paling Merugikan Kesehatan?
Artikel Selanjutnya
Terbaru di Jakarta Kini Membeli Kopi Dapat Dibuatkan Oleh Robot Barista