Sukses

Lifestyle

Gandeng Penyandang Disabilitas, Kemenpora Ajak Masyarakat Berolahraga

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi Corona, olahraga menjadi sangat penting demi meningkatkan sistem imun tubuh. Untuk itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mengajak seluruh masyarakat, termasuk penyandang disabilitas untuk selalu aktif berolahraga, lewat kampanye #OlahragaTanpaBatas. 

Kampanye ini sekaligus menjadi momentup Kemenpora mengajak generasi muda, termasuk penyandang disabilitas untuk selalu produktif dan semangat memerangi COVID-19. Hal ini sesuai dengan semangat Sumpah Pemuda ke-92 yang akan diperingati pada 28 Oktover 2020. 

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr. Zainudin Amali, M.Si mengatakan Presiden Joko Widodo pun menyinggung soal olahraga yang menjadi instrumen bagi peningkatan produktivitas. Sehingga, Kemenpora menggunakan kampanye tersebut untuk mengajak masyarakat, termasuk penyandang disabilitas untuk terus bergerak. 

“Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo pada sambutan Hari Olahraga Nasional lalu, bahwa olahraga menjadi instrumen bagi peningkatan produktivitas, maka Kemenpora menggaungkan kampanye Olahraga Tanpa Batas. Kami mengajak teman-teman penyandang disabilitas dan masyarakat luas untuk terus aktif berolahraga, tak hanya selama pandemi saja namun sepanjang waktu. Olahraga memiliki banyak manfaat baik bagi jiwa dan raga, seperti membantu menjaga pikiran agar tetap positif, memperkuat imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit, serta dapat pula berkontribusi menjadi prestasi yang membanggakan," jelasnya. 

Penyandang Disabilitas Pencetak Prestasi

Sementara itu, penyandang disabilitas juga sudah banyak mencetak prestasi di bidang olahraga. Menurut Zainudin, kampanye ini juga bertujuan untuk memotivasi teman-teman penyandang disabilitas untuk terus berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat. 

“Penyandang disabilitas sudah terbukti menjadi pencetak prestasi dalam berbagai kompetisi olahraga ditingkat nasional maupun internasional sejak dulu. Kampanye #OlahragaTanpaBatas sekaligus memotivasi teman-teman penyandang disabilitas bahwa dengan mendalami salah satu cabang olahraga secara serius dan konsisten, maka dapat membuka peluang bagi siapapun untuk meraih prestasi,” lanjutnya. 

Sementara itu, Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia mengatakan dirinya sangat mendukung kampanye tersebut karena dapat menginspirasi masyarakat untuk terus berolahraga. 

“Saya sangat mendukung kampanye #OlahragaTanpaBatas yang digaungkan oleh Kemenpora RI, karena kampanye ini dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat agar jangan malas berolahraga demi menjaga kebugaran. Selain itu, kampanye ini juga merupakan bentuk pengakuan dan perhatian Kemenpora terhadap penyandang disabilitas yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah, khususnya di bidang olahraga. Saya berharap kementerian lain juga dapat melakukan hal yang sama dalam menerjemahkan kebutuhan disabilitas pada aspek kehidupan lainnya," pungkasnya. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading