Sukses

Lifestyle

Kisah Sukses Dewi Home Crab, Hadirkan Inovasi Olahan Rajungan Unik yang Dicintai Masyarakat

Fimela.com, Jakarta Membangun bisnis sendiri memang membutuhkan tekad, keberanian, dan kreativitas yang penting untuk selalu menciptakan inovasi. Hal ini juga yang dialami oleh founder Dewi Home Crab, sebuah usaha produk olahan rajungan yang berasal dari Kampung Kramat, Kecamatan Paku Haji, Tangerang, Banten. Berawal dari motivasi memanfaatkan hasil olahan laut Indonesia yang kaya akan kandungan gizi, sang owner Dewi Fatimah mulai menjalankan bisnisnya dengan bantuan sang suami.

Dewi Home Crab pun berkembang dan terus bertahan dengan berbagai inovasi produknya yang unik. Simak kisah sukses selengkapnya, siapa tahu bisa jadi inspirasi buat kamu yang ingin menjalankan usaha juga!

Motivasi Menciptakan Produk yang Kaya Kandungan Gizi

Berawal dari motivasi menciptakan produk yang kaya kandungan gizi dan rendah kolesterol, Dewi pun mendirikan usahanya sendiri yang diberi nama Dewi Home Crab. Ia melihat potensi rajungan yang bernutrisi ini bisa dikembangkan menjadi produk olahan yang unik sekaligus kuliner khas daerah tempat tinggalnya. Dengan modal awal sekitar Rp 5 juta, usaha olahan rajungannya ini pun didirikan 10 tahun lalu. Produknya pun ia pasarkan dari mulut ke mulut, seperti menawarkan dari warung ke warung, reseller, pengajian, hingga ke berbagai tempat wisata yang ada di sekitar daerahnya.

Nggak Pernah Berhenti Melakukan Inovasi

Hingga 10 tahun berdiri, rahasia Dewi Home Crab bisa bertahan adalah inovasi. Dewi bercerita saat awal menjalani usaha, rajungan hanya diambil dagingnya lalu dimasak seperti biasa. Namun seiring berjalannya waktu, Dewi pun mendapatkan ide untuk mengembangkan beragam produk olahan yang lebih unik lagi.

Bersama suami, ia fokus mengembangkan usaha hingga saat ini Dewi Home Crab juga memiliki varian produk nugget, pempek, keripik, hingga seblak yang semuanya merupakan hasil olahan rajungan. Kini, Dewi Home Crab memproduksi sekitar 300 porsi pempek, kerupuk, dan nugget dari 5-9 kwintal daging rajungan setiap harinya.

Inspiratif hingga Lolos Sebagai Finalis Kreatif Lokal Award 2020

Nggak hanya mengejar kentungan, kehadiran Dewi Home Crab ini juga memberikan social impact kepada masyarakat di sekitarnya. Ia juga membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat sekitar. Kini usahanya telah menggandeng sekitar 140 karyawan yang dengan gaji sebesar Rp 4 juta per bulan tanpa ada syarat ijazah.

Ke depannya, Dewi juga berharap bisa memberikan impact yang lebih luas. Ia berharap bisa memperkenalkan produk rajungan sebagai kuliner khas dari wilayah tempat tinggalnya. Selain itu, Dewi juga punya cita-cita untuk bisa membuat pabrik besar sendiri yang benar-benar memanfaatkan hasil laut Indonesia. Ia juga punya tujuan membuat yayasan pendidikan yang fokus mendalami ilmu kelautan.

Cerita usaha yang inspiratif ini juga yang mengantarkan Dewi Home Crab sebagai salah satu Finalis Kreatif Lokal Award 2020 kategori Kuliner yang diselenggarakan oleh Adira Finance. Event tersebut menjadi ajang apresiasi dari Adira Finance kepada para pelaku UKMdan generasi muda sekaligus menjadi motivasi mereka agar semakin semangat untuk bersama-sama bangkit dan membangun perekonomian Indonesia.

Semoga cerita sukses dari Dewi Home Crab ini bisa memberikan insight baru buat kamu yang ingin menjalani bisnis kuliner ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading