Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Umum Bolu Kukus Kempis atau Mengerut

Fimela.com, Jakarta Kue bolu kukus merupakan salah satu jenis kue yang cukup mudah dibuat. Bahan-bahannya mudah didapat dan banyak kreasi yang bisa dicoba. Tapi pernahkah mendapat pengalaman membuat kue bolu kukus yang tidak sesuai harapan? Seperti ketika kue bolu kukus malah kempis atau mengerut saat dikukus, hm... kenapa bisa begitu ya?

Salah pemilihan bahan bisa menjadi salah satu penyebabnya. Bahan-bahan yang sudah kedaluwarsa atau tidak dalam kondisi baik bisa membuat kue bolu kukus malah kempis atau mengerut saat dikukus. Selain itu, kue bolu kukus yang kempis atau mengerut bisa juga disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Bahan-Bahan Tidak Dimasukkan secara Bertahap

Kadang-kadang karena tidak sabaran atau terburu-buru, kita memasukkan semua bahan begitu saja dan mengaduknya bersamaan. Sepintas memang tidak ada yang salah. Namun, ada baiknya bahan-bahan dimasukkan secara bertahapn. Dengan memasukkan bahan-bahan kue secara bertahap, adonan akan tercampur lebih merata. Sehingga ketika dikukus hasilnya sempurna.

2. Proses Pengadukan Terlalu Lama atau Terlalu Kencang

Mungkin di antara kita masih ada yang berpikir bahwa proses pengadukan yang lebih lama dan lebih kencang bisa membuat adonan jadi lebih sempurna. Tapi yang terjadi malah bisa sebaliknya. Adonan yang diaduk terlalu lama atau terlalu kencang berisiko akan jadi kempis ketika dikukus. Bila akan mencampur bahan-bahan kering ke adonan basah, gunakan teknik lipat dan aduk perlahan sampai tercampur rata tanpa harus terlalu kencang atau terlalu ngotot mengaduknya.

3. Kukusan Tidak Dipanaskan Lebih Dulu

Pastikan panci kukus atau pengukus sudah dipanaskan lebih dulu. Masukkan air ke panci kukus dan nyalakan kompor. Saat sudah mengeluarkan banyak uap dan terderang suara air mendidih, maka kue bisa dimasukkan dan dikukus hingga matang.

4. Tutup Panci Sering Dibuka Tutup

Sebaiknya jangan sering-sering membuka tutup panci ketika kue sedang dikukus. Tunggu setidaknya 20 menit sebelum mengecek tingkat kematangan bolu. Selain itu, lapisi penutup dengan kain atau serbet bersih agar tidak ada uap air yang menetes ke kue bolu.

Itu tadi empat penyebab umum yang membuat kue bolu jadi kempis atau mengerut saat dikukus. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading