Sukses

Lifestyle

Rasa Kopi Lebih Nikmat Jika Diseduh dengan Air Mineral, Kenapa?

Fimela.com, Jakarta Memulai hari tanpa minum kopi sepertinya ada yang kurang. Hal inilah yang menjadi kopi sebagai bagian dari keseharian orang Indonesia. Selain untuk membangkitkan semangat beraktivitas, minum kopi bisa menciptakan kebersamaan dan mengisi waktu bersantai.

Tanpa disadari dalam satu cangkir kopi terdiri dari 95% air dan 5% kopi. Artinya, air yang digunakan untuk menyeduh kopi memiliki peranan penting dalam membentuk karakter rasanya. Salah satu jenis air yang direkomendasikan untuk menyeduh kopi adalah air dengan kandungan mineral yang baik.

Saat menyeduh kopi, senyawa yang ada pada air akan mengikat komponen dalam kopi. Menciptakan rasa minuman yang lebih kaya dan beraroma. Inilah yang menjadikan air dengan kandungan mineral baik dapat mengikat dan mengekstrasi kopi lebih baik.

Kandungan mineral seperti kalsum dan magnesium diasosiasikan sebagai dua komponen kimia yang dapat meningkatkan efisiensi ekstraksi kopi.

 

Lebih nikmat diseduh dengan air mineral

“Adanya kandungan mineral dalam air saat menyeduh kopi hitam dapat meningkatkan rasa minuman secara signifikan. Kopi yang diseduh dengan air yang mengandung magnesium dan kalsium akan memiliki karakter rasa yang lebih kompleks dan juga seimbang antara asam, manis dan pahit. Keseimbangan kandungan mineral dalam air juga berperan penting untuk membuat kopi memiliki tekstur kekentalan yang lebih lembut juga aroma yang nikmat saat dihirup,” ujar Muhammad Aga, award winning Barista dan pemilik toko kopi SMITH.

Untuk meracik kopi dengan kualitas superior, Specialty Coffee Association of America merekomendasikan untuk menggunakan air yang mengandug 50-150 part per million mineral. Jika angkanya terlalu tinggi akan membuat kopi dengan body yang tebal. Sementara jika angka terlalu rendah akan membuat kopi terasa waterly.

Namun para barista dan pemilik mesin kopi khawatir akan penggunaan air mineral yang menyebabkan kerak putih pada mesin. Padahal hal ini mudah untuk dibersihkan dan harus masuk ke dalam standar kebersihan mesin kopi. Jika mesin tidak pernah dibersihkan lebih dari dua minggu akan membuat korori lebih mudah terjadi.

Dari penelitian dan anjuran penyeduhan kopi, AQUA pun menawarkan solusi untuk meracik secangkir kopi. Air mineral pun juga sangat dibutuhkan oleh tubuh dan ia masuk ke dalam indeks mineral yang disarankan oleh SCAA untuk menjaga kualitas mesin kopi bertahan lama.

Simak video berikut ini

#changemaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Ketahui Waktu yang Terbaik untuk Minum Kopi Demi Menjaga Kesehatan Pencernaan
Artikel Selanjutnya
7 Cara Membuat Kopi yang Enak ala Kafe, Praktis dan Mudah Dicoba