Sukses

Lifestyle

10 Anjuran dan Larangan Pakai Masker yang Baik dan Benar

Fimela.com, Jakarta Memasuki awal tahun 2021, kasus positif Covid-19 semakin meningkat. Pada Senin (25/1) bertambah 9.994 kasus, Positif Covid-19 nyaris tembus 1 juta.

Walau sudah tersedia vaksin Covid-19, bukan berarti kita mengabaikan protokol kesehatan gerakan 3M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan dengan sebun.

Sayangnya masih banyak penggunaan masker yang salah. Untuk itu Berikut beberapa tips sederhana menggunakan masker yang tepat.

1. Mulai dengan memilih masker wajah dengan kualitas baik

Pilihlah masker yang memiliki fitur 3 lapis filter, lapisan filter dalam yang nyaman, dan klip hidung yang dapat ditekuk agar dapat membentuk masker ke wajah lebih mudah.

2. Pastikan masker yang akan digunakan bersih

Baik masker kain yang dapat digunakan berulang kali maupun masker kesehatan sekali pakai, penting untuk memeriksa kebersihan dan kondisinya sebelum memakai, jika rusak maka lebih baik gunakan yang baru. Untuk masker kain pun lebih baik mengenakan masker yang baru dicuci atau belum pernah dipakai sebelumnya.

3. Cuci tangan sebelum mengenakan masker, dan cuci tangan lagi saat akan melepas masker

Saat meletakkan tangan di dekat wajah, sangat penting untuk membersihkannya. Cuci tangan dengan air hangat dan sabun selama minimal 20 detik dan keringkan secara menyeluruh. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan minimal 60% alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

 4. Pilih masker yang nyaman untuk wajah bentuk

Ukuran masker yang terlalu besar atau terlalu kecil akan menyebabkan perlindungan masker wajah kurang optimal.

5. Pastikan masker menutupi hidung dan mulut

Masker wajah harus menutupi hidung dan mulut setiap saat untuk hasil terbaik.

6. Cobalah tips berikut ini agar kacamata Anda tidak berkabut!

Setelah menempelkan klip hidung masker ke wajah, letakkan bantalan kacamata  di bagian paling atas masker agar napas tidak membuat kacamata buram. Atau, cuci kacamata  dengan air sabun sebelum memakainya. Ssabun dapat meninggalkan lapisan film tak terlihat yang berfungsi sebagai pelapis dari kabut.

7. Simpan masker di tempat yang bersih dan kering

Simpan masker cadangan tetap pada bungkusnya dan untuk masker yang dapat digunakan kembali simpan pada tempat lain agar tidak basah atau kotor.

8. Hindari pemakaian masker yang terbalik

Beberapa masker memiliki bagian atas yang dilengkapi klip yang dapat membentuk hidung. Jika dipakai terbalik, masker tidak akan sesuai dengan wajah dan klip hidung yang tidak pas dapat menyebabkan celah di pangkal hidung.

9. Hindari menyentuh wajah saat menggunakan masker di tempat umum.

Menyentuh wajah saat menggunakan masker dapat berpotensi menginfeksi diri sendiri melalui tangan dan berisiko menularkannya ke orang lain.

10. Hindari membuka dan memakai masker berulang kali

Setelah masker terpasang, selalu kenakan dengan baik, karena melepas masker dapat membuatnya kotor. 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading